wartadigital.id
Headline Nasional

3 Korban Tewas Salah Satunya Masinis, Seluruh Penumpang KA Turangga Dilaporkan Selamat

Istimewa
Tabrakan KA Turangga dengan KA lokal Baraya, Jumat (5/1/2024) pagi.

 

BANDUNG (wartadigital.id)   – Seluruh penumpang KA Turangga yang mengalami kecelakaan di Babakan DKA Cicalengka, sekitar 400 meter dari Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung,  Jumat (5/1/2024) pagi dilaporkan selamat.

Namun belum diketahui pasti apakah para penumpang juga terluka akibat peristiwa itu.

Kapolresta Bandung Kusworo Wibowo mengatakan, semua penumpang kedua kereta yang mengalami kecelakaan dalam kondisi baik dan kini sedang dalam proses evakuasi.

“Kami (polisi) beserta Basarnas, Damkar, Dinkes, masih melakukan upaya-upaya, dan kami membuat garis perimeter aman agar masyarakat tidak ada yang mendekat ke TKP,” ujar Kusworo.

Akibat tabrakan itu, dilaporkan sementara tiga orang tewas dan sejumlah penumpang lainnya terluka.

Kapolresta Bandung Kusworo Wibowo yang mengatakan bahwa tiga korban jiwa dalam peristiwa ini merupakan masinis, asisten masinis, dan pegawai kereta.

“Kami di TKP (tempat kejadian perkara) dan kami mendapatkan informasi bahwa sementara korban jiwa ada tiga, masinis, asisten masinis, dan pegawai kereta,” kata Kusworo.

Kusworo tidak menjelaskan korban jiwa berasal dari kereta api yang mana. “Nanti dikabari lagi,” ucapnya.

Saat ini proses evakuasi tengah berlangsung. Sementara itu PT KAI Daop II Bandung kini tengah melakukan proses evakuasi dan pendataan korban akibat kecelakaan kereta api yang terjadi pada perlintasan KA di petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur Bandung, Jumat (5/1/2024) pagi.

Manager Humas Daop II Bandung, Ayep Hanapi mengatakan saat ini pihaknya tengah berupaya ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi pengguna KA yang terdampak hingga pembersihan jalur.

“Masih berupaya ke lokasi kejadian, sementara kami akan segera melakukan pendataan hingga evakuasi pengguna KA yang terdampak,” ucap Ayep.

Ayep Hanapi mengatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 06.03 WIB. “Melibatkan antara KA Turangga dan KA Commuter Bandung Raya, terjadi tadi sekitar pukul 06.03 WIB, sekitar 400 meter dari Stasiun Cicalengka,” ucap Ayep, Jumat (5/1/2024).

Akibat insiden ini sejumlah jadwal kereta tiba hingga keberatan KA di wilayah Daop II Bandung akan terganggu. Sebelumnya diberitakan, dua kereta api terlibat kecelakaan di Babakan DKA Cicalengka, sekitar 400 meter dari Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 06.00 WIB. Dua kereta yang terlibat kecelakaan tersebut diduga adalah KA Turangga dan KA Baraya.

Dalam video yang beredar, nampak kereta dalam posisi berhenti. Sebagian gerbong kereta dalam kondisi bergeser bahkan hingga terbalik. Sejumlah penumpang nampak berjalan menjauh dari kereta api yang terbalik. Bahkan sejumlah gerbong nampak rusak berat. Para penumpang nampak berjalan menyusuri sawah yang berada di samping rel kereta. Tak sedikit yang berjalan sambil membawa koper dan sejumlah barang lainnya. trb, ins

Related posts

Pemprov Jatim , Bulog dan Pemkab/ Pemkot  se-Jatim Gelar Operasi Pasar Beras Murah

redaksiWD

Larangan Mudik 6-17 Mei 2021, ASDP Hentikan Penjualan Tiket

redaksiWD

KPK Sita Puluhan Tas Mewah hingga Moge Rafael Alun, Total Senilai Rp 100 Miliar

redaksiWD