wartadigital.id
Manca

Bernie Sanders, Tokoh Politik AS yang Mendukung ICC Tangkap Benjamin Netanyahu

Reuters
Bernie Sanders

 

WASHINGTON (wartadigital.id) – Bernie Sanders menjadi sosok yang cukup disorot baru-baru ini usai lontarkan pernyataan jika dirinya mendukung Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Sanders juga meminta ICC mengeluarkan surat penangkapan kepada Menteri Pertahanan Israel Yoev Gallant, pemimpin Hamas Yahya Sinwar, dan lainnya atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, menurut laporan USA Today.

Namun sebenarnya, siapakah sosok Bernie Sanders yang memberikan pernyataan berani tersebut? Mengingat tindakan tersebut sangatlah kontras dengan keputusan pemerintahan Biden yang mengesahkan lebih dari 1 miliar dolar AS bantuan senjata kepada pemerintah Israel.

Profil Bernie Sanders Bernie Sanders adalah politikus Amerika Serikat yang menjabat sebagai Senator Amerika Serikat junior mewakili Vermont sejak 2007. Sebagai wakil tunggal Vermont sejak 1991 hingga 2007, ia menjadi politikus independen dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah kongres Amerika Serikat.

Dilansir dari Britannica dikutip Sabtu (25/5/2024), Bernie Sanders lahir pada 8 September 1941, di Brooklyn, New York, AS. Sebelum menjadi senator, dirinya sempat menjabat sebagai Walikota Burlington, Vermont, dan sebagai anggota Dewan Perwakilan AS periode 1991-2007.

Dilihat dari latar belakangnya, dia merupakan keturunan Yahudi asal Polandia. Sanders dibesarkan di daerah Flatbush di Brooklyn, New York. Dalam riwayat pendidikannya, dia sempat kuliah di Brooklyn College, kemudian pindah ke Universitas Chicago dan lulus tahun 1964. Saat masih kuliah, ia aktif sebagai koordinator unjuk rasa Congress of Racial Equality dan Student Nonviolent Coordinating Committee untuk memperjuangkan gerakan hak sipil.

Setelah menetap di Vermont tahun 1968, Sanders terjun ke politik dan beberapa kali mencalonkan diri lewat partai ketiga pada awal hingga pertengahan 1970-an, tetapi selalu kalah. Kemudian, dirinya memilih maju secara independen pada pemilu berikutnya dan berhasil terpilih sebagai wali kota Burlington pada tahun 1981 dengan selisih sepuluh suara.

Pada 1990, dia sukses memenangkan pemilu legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat mewakili dapil tunggal Vermont. Sanders menjabat sebagai anggota DPR selama kurang lebih 16 tahun. Barulah setelah itu dirinya terpilih sebagai anggota Senat tahun 2006. Ia kembali terpilih sebagai senator pada tahun 2012 dan 2018.

Pada April 2015, Sanders menyatakan maju sebagai calon presiden Amerika Serikat lewat Konvensi Partai Demokrat. Namun pada akhirnya dia lebih memilih mendukung Hillary Clinton dalam kampanye pencapresannya melawan Donald Trump dari Partai Republik pada tahun 2016.

Itulah profil singkat dari Bernie Sanders, senator Amerika Serikat yang mendukung ICC menangkap Perdana Menteri  Netanyahu. sin

Related posts

Jelang Sidang Anggaran, Diketahui  400 Lebih Staf Parlemen India Dinyatakan Positif Covid-19

redaksiWD

Gawat, Tentara Israel Tembaki Rekan Sendiri Gara-gara Stres Perang di Gaza

redaksiWD

Respon Balik, Malaysia Minta Diplomat Korea Utara Tinggalkan Kuala Lumpur dalam Waktu 48 Jam

redaksiWD