wartadigital.id
Headline Manca

Biadab, Ratusan Warga Palestina Tewas Ditembaki Tentara Israel saat Berebut Bantuan di Gaza

Anadolu Agency
Ratusan warga Palestina tewas dan lebih dari 700 lainnya terluka setelah ditembaki tentara Israel ketika mereka berkumpul untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan di Kota Gaza.

 

GAZA (wartadigital.id) – Setidaknya 104 warga Palestina tewas dan 760 lainnya terluka ketika tentara Israel menembaki kerumunan yang menanti bantuan kemanusiaan di selatan Kota Gaza pada Kamis (29/2/2024) waktu setempat.

Angka itu merupakan data korban sementara yang diumumkan Kementerian Kesehatan di Gaza, sebagaimana dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (1/3/2024).

Menurut para saksi, ratusan warga Palestina sedang menunggu untuk menerima bantuan di dekat Dowar Al-Nablusi ketika mereka diserang tentara Israel.

Kantor media pemerintah Palestina menuduh tentara Israel membunuh para korban “dengan darah dingin” karena rezim Zionis menyadari kehadiran mereka di daerah tersebut untuk mendapatkan makanan dan bantuan. “Penjajah mempunyai niat terencana untuk melakukan pembantaian yang mengerikan ini,” kata pemerintah Palestina dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel mengklaim bahwa banyaknya korban jiwa terjadi akibat terinjak-injak dan ditabrak oleh truk bantuan. Militer Israel mengatakan penyelidikan awal menemukan bahwa beberapa warga Palestina mendekati pos pemeriksaan militer Zionis yang mengawasi masuknya truk bantuan dan tentara melepaskan tembakan peringatan dan menembaki kaki warga Palestina yang terus bergerak ke arah pasukan.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.

Namun, sejak saat itu, investigasi surat kabar Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh kelompok perlawanan Palestina.

Setidaknya 30.035 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 70.457 lainnya terluka akibat invasi brutal Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya penduduk Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Menurut PBB, perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur.

Israel juga dituduh melakukan genosida dalam sidang di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara Mahkamah Internasional pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza. sin

Related posts

Kukuhkan Pengurus IPHI Jember 2021-2026, Emil Ingatkan Ketertiban Prokes Turut Andil dalam Geliat Ekonomi Daerah

redaksiWD

Help Center, Ruang Solusi Permasalahan Civitas Akademika UNAIR

redaksiWD

Khofifah Target H-10 Lebaran Jembatan Ngaglik Lamongan yang Ambles Bisa Beroperasi Kembali

redaksiWD