wartadigital.id
Gresik Headline

Cuaca Buruk, Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Pulau Bawean Diundur

Ilustrasi aktivitas menata surat suara untuk Pemilu 2024.

 

GRESIK  (wartadigital.id) – Proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 melalui jalur laut dengan menggunakan kapal ke Pulau Bawean, Kabupaten Gresik diundur karena terkendala cuaca buruk.

Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengatakan Pulau Bawean memiliki jumlah pemilih 61 ribu jiwa dan terdapat 273 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 30 desa dan 143 dusun, yang secara administrasi pulau tersebut masuk wilayah kabupaten setempat.

“Pengiriman logistik di Pulau Bawean sudah direncanakan pada 2 Februari 2024 oleh KPU Gresik, namun diundur karena cuaca buruk yang sedang terjadi,” kata Roni, Kamis (1/2/2024).

Menurut dia, kondisi gelombang tinggi di perairan Pulau Bawean saat ini menghambat proses pengiriman logistik pemilu, padahal pengiriman logistik itu harus menyesuaikan dengan jadwal pemberangkatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Gili Iyang.

“Rencananya, pendistribusian logistik pemilu ke masing-masing TPS se-Gresik dimulai pada awal Februari,” ujarnya.

Pulau Bawean menjadi sasaran prioritas distribusi logistik pemilu dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Gresik. Pulau tersebut menjadi prioritas utama distribusi logistik pemilu dibandingkan dengan daerah lain di Gresik karena pengiriman logistik menggunakan kapal laut.

Roni mengatakan jadwal distribusi logistik Pemilu 2024 dari gudang KPU Gresik di Jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan Kebomas ke Pulau Bawean diundur yang semula dijadwalkan pada 2 Februari 2024 menjadi 5 Februari 2024.

“Pengiriman logistik pemilu ke Pulau Bawean nanti dijaga ketat oleh jajaran TNI-Polri. Pengamanan juga lebih ekstra untuk surat suara dan kotak suara juga kami bungkus plastik, meskipun kotak suara dari bahan kertas kedap air,” tuturnya.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024. KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3. nan

Related posts

Dua Anggota Paskibraka Nasional Asal Jatim Hari Ini Berangkat ke Jakarta

redaksiWD

Pj Bupati Jombang Ingatkan Netralitas ASN pada Pemilu 2024

redaksiWD

Sirekap Bermasalah, Roy Suryo Minta  IT KPU Diperiksa dan Diaudit Forensik

redaksiWD