wartadigital.id
Pantura

Dikukuhkan, KMSL Beri Kontribusi Peningkatan Derajat Kesehatan

KMSL dikukuhkan oleh Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Lamongan di Aula Lesung si Panji Dinkes Lamongan, Selasa (7/5/2024)

LAMONGAN (wartadigital.id) – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komunitas Mobil Sehat Lamongan (KMSL) periode 2024/2027 telah dikukuhkan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan dr. Moh. Chaidir Annas, di Aula Lesung si Panji Dinkes Lamongan, Selasa (7/5/2024).

Turut menyaksikan prosesi pengukuhan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, yang menilai hadirnya KMSL mampu memberikan kontribusi peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Lamongan.

Sebab, kehadiran mobil sehat pada awalnya ditujukan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) dalam akses pelayanan kesehatan rujukan, hal tersebut membuahkan hasil yang dibuktikan melalui capaian AKI dan AKB Lamongan di bawah rata-rata nasional.

Secara nasional angka kematian ibu sebesar 189/ 100.000 angka kelahiran hidup, dan angka kematian bayi sebesar 16,85/1000 angka kelahiran hidup. Sementara di Lamongan AKI sebesar 96,24 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB sebesar 7,42/1000 angka kelahiran hidup.

“Ini sebagai bentuk kerja kita memberikan kontribusi untuk derajat kesehatan masyarakat, mobil sehat sangat membantu,” tutur Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes.

Untuk memaksimalkan peranan, kata Pak Yes, driver mobil sehat atau KMSL perlu terus dibekali pelatihan lalu lintas, penanganan kesehatan dasar, hingga lainnya.

“Disebarluaskan ke forum-forum lainnya. Karena driver mobil sehat perlu dibekali, misalnya setiap orang bisa memberikan pertolongan pertama bagi penyakit jantung maupun lainnya dan saya harap mobil sehat bisa memberikan manfaat dengan baik,” imbuh Pak Yes.

Selain itu, Pak Yes berharap, KMSL tidak hanya sekadar menjadi forum komunikasi namun bisa meningkatkan kesejahteraan setiap anggotanya melalui koperasi, pemberian jaminan sosial hingga lainnya.

Sedangkan Plt. Kepala Dinkes Lamongan dr. Moh. Chaidir Annas, menyatakan, saat ini seluruh desa di Kabupaten Lamongan telah memiliki mobil sehat dengan jumlah total 474 unit. Dengan lengkapnya kepemilikan fasilitas kesehatan desa, memberikan dampak positif terhadap pelayanan masyarakat sekaligus mendukung terwujudnya Lamongan sehat.

“Ke depan dengan banyaknya fasilitasi rujukan di rumah sakit maupun counter kesehatan bisa mendapatkan perawatan yang cepat dan mampu menyelamatkan kehidupan mereka, sehingga tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan umur harapan hidup. Ini jika tercapai makan dampak pengadaan mobil sehat ini luar biasa,” ucap dr. Annas.

Sementara itu, Ketua DPP KMSL Sahari, mengungkapkan akan segera menjalankan tugas barunya sebagai Ketua KMSL periode 2024/2027, sekaligus memohon doa restu dalam mengemban amanah.

“Semoga kami bisa menjalankan tugas yang sudah diamanatkan kepada kami sebagai pengurus baru, kami siap menerima kritik dan saran dari semua pihak untuk meningkatkan kinerja KMSL dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Lamongan,” ujarnya. amo, kim

Related posts

Pasar Murah DPKP Jatim dan DKP3 Tuban ‘Diserbu’ Ibu-ibu

redaksiWD

Pemkab Lamongan Upayakan Ketersediaan Air Aman hingga Musim Panen

TMMD Ke-120 Tahun 2024 di Bojonegoro Resmi Dibuka