wartadigital.id
Headline Tapal Kuda

Dishub Kabupaten Pasuruan Siapkan 1 Bus Mudik Gratis ke Nganjuk – Madiun

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati.

 

PASURUAN (wartadigital.id) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan satu armada bus pariwisata untuk warga yang akan mudik pada Lebaran Idul Fitri Tahun 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati, mengatakan, program Mudik Gratis ini ditujukan bagi warga Kabupaten Pasuruan yang akan mudik ke arah Nganjuk dan Madiun. Rencananya akan diberangkatkan dari Terminal Wisata Cheng Hoo Pandaan Sabtu (6/4/2024) pagi. “Rute mudik gratis ke arah Nganjuk dan Madiun. Dan rencananya diberangkatkan Sabtu lusa,” kata Eka saat ditemui di ruangannya, Kamis (4/4/2024).

Dijelaskannya, pendaftaran program mudik gratis sudah dibuka sejak seminggu lalu. Total ada 50 slot yang disediakan, dan kini sudah ada 30 orang yang telah terdaftar sebagai peserta. Sehingga bagi para pemudik bisa mendaftar secara online di https://forms.gle/mdaAsScirDac9gdLA atau bisa menghubungi contact person : Nizam +62 898-3366-408 dan Febri +62 858-5493-7577. “Masih sisa 20 slot kosong. Silahkan bisa langsung mendaftar secara online maupun menghubungi kontak person staf kami. Kalau sudah 50 slot terisi, langsung kami tutup,” kata dia.

Eka berharap, penyediaan angkutan ini nantinya bisa menekan angka risiko kerawanan yang kerap menghantui para pemudik. Lebih-lebih, pemudik motor yang dinilai memiliki kerawanan tinggi. Mengingat dengan jarak tempuh dan durasi perjalanan mereka cukup melelahkan. “Makanya kami imbau agar sebisa mungkin masyarakat yang mudik dari ataupun ke Kabupaten Pasuruan untuk memakai transportasi umum,” ujarnya.

Saat ditanya alasan diberangkatkan Sabtu, Eka menjelaskan, jadwal keberangkatan sengaja disesuaikan dengan akhir pekan. Sebab bisa dipastikan banyak pegawai atau pekerja yang sudah memasuki libur Lebaran. “Karena asumsi kami akhir pekan ini sudah mulai libur cuti Lebaran. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan layanan angkutan mudik ini,” kata dia.

Ditambahkannya, angkutan mudik gratis ini baru pertama kali disediakan Pemkab. Namun dengan ketersediaan anggaran, memang baru satu armada yang disediakan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan layanan itu akan ditambah tahun depan. “Karena ini memang baru tahun pertama nanti tentu akan ada evaluasi agar layanan di tahun-tahun mendatang semakin baik,” kata dia. sur, ins

Related posts

Tim ITS Juarai Civil National Expo 2021

redaksiWD

Warga Sampang Alami Kekeringan, Pelindo Kirim Bantuan Air Bersih

redaksiWD

Bantu Desa Wisata, Tim Dosen ITS Kembangkan Virtual Tour

redaksiWD