wartadigital.id
Ekbis Headline

Fasilitas Pelabuhan Memadai, Komoditas Ekspor Sulut Dikirim Langsung Via TPK Bitung

Kegiatan operasional Terminal Peti Kemas Bitung.

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melepas komoditas ekspor yang untuk pertama kalinya dikapalkan langsung dari TPK Bitung menuju Xiamen, Tiongkok, Kamis (8/2/2024). Komoditas ekspor berupa hasil tangkapan laut dikirim menggunakan kapal MV. SITC Batangas yang melayani rute Davao-Bitung-Xiamen.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengatakan ekspor langsung melalui jalur laut merupakan terobosan luar biasa. Menurutnya keberhasilan ekspor langsung tersebut merupakan hasil kolaborasi pentahelix serta kerja gotong royong semua pihak lewat duduk bersama untuk mewujudkan visi yang sama.

“Terima kasih sekali kita boleh melakukan terobosan melewati tembok tebal yang selama ini menghalangi kita. Mulai sekarang, kita boleh berbangga dulu karena kita betul-betul menjadi pintu gerbang,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Ia pun berharap semua pemangku kepentingan, terutama pemerintah daerah (pemda) untuk menjaga keberlanjutan dan memberikan informasi kepada hinterland Sulut.

Terminal Head Terminal Peti Kemas (TPK) Bitung Teguh Firdaus mengatakan pelayanan ekspor langsung di TPK Bitung adalah yang pertama kali dilakukan dalam 10 tahun terakhir. Untuk pelayanan ekspor langsung MV. SITC Batangas, TPK Bitung mengoperasikan 2 unit quay container crane (alat angkat untuk memindahkan peti kemas dari kapal ke dermaga atau sebaliknya), 3 unit rubber tyred gantry crane (alat angkat untuk memindahkan peti kemas dari truk ke lapangan penumpukan atau sebaliknya), dan 10 unit head truck.

“Jumlah bongkar muat peti kemas sebanyak 365 teus dengan kinerja bongkar muat mencapai 34,5 boks per jam (B/S/H),” jelas Teguh.

Menurut rencana, kegiatan pengiriman ekspor langsung akan dilakukan secara reguler setiap bulan. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi yang baik antar berbagai pihak agar pengiriman tersebut dapat berlangsung terus menerus. Teguh menyebut pihaknya juga melakukan kolaborasi dengan perusahaan pelayaran untuk melakukan pemasaran bersama guna menjaring pasar baik peti kemas domestik maupun internasional.

“Berkat dukungan para pemangku kepentingan kami terus berbenah melakukan transformasi agar layanan dan kinerja operasional TPK Bitung semakin baik dengan fasilitas yang kami miliki untuk mendukung pekayanan peti kemas baik domestik maupun internasional,” tegasnya. hdi

Related posts

ITS Bentuk Dewan Kehormatan Profesi Dosen Terkait Perkara Rektor ITK

redaksiWD

Hacker Jebol Situs TNI AD,  Dipasangi Iklan Sepatu

redaksiWD

Polda Jatim Bongkar Jual Beli Satwa Dilindungi Antar Daerah

redaksiWD