wartadigital.id
Headline Nasional

Gibran Tunjukkan Ijazah Imbas Tudingan Palsu, Dokter Tifa Makin Heran Keterangan Riwayat Berubah

Lewat akun X @DokterTifa, dia merasa aneh dengan keterangan pendidikan Gibran yang berubah-ubah.

 

JAKARTA (wartadigital.id) –  Dokter Tifa kembali membuat heboh dunia maya setelah menuding ijazan kuliah milik calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka palsu. Dokter berama lengkap Tifauzia Tyassuma menyampaikan tudingan tersebut melalui media sosial X pada Minggu, 19 November 2023.

Atas tudingan itu, Walikota Solo lalu menunjukkan ijazahnya di Balai Kota Solo, Senin (20/11/2023).

Saat memperlihatkan kertas ijazah itu kepada awak media, diterangkan bahwa Gibran berkuliah di University of Bradford Inggris dan lulus pada 2010 lalu.

Dia pun mendapatkan gelar BSc, karena telah lulus dari second class honours second division in marketing. Putera Presiden Jokowi itu menyebut memperlihatkan ijazah ini agar urusannya cepat beres.

“Ya biar cepat selesai. Kan memang ijazahnya ini kalau ijazahnya palsu kan dipermasalahkan dari awal waktu pendaftaran,” katanya.

Gibran mengatakan bahwa dirinya tidak ambil pusing bila ijazahnya dipermasalahkan lagi. “Nggak berhenti juga nggak apa-apa. Biasanya tetep ngeyel sih walaupun sudah diberi bukti, aku yo bingung dipermasalahkan,” kata Gibran.

Gibran juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak merasa dirugikan dengan adanya tuduhan soal ijazah palsu itu. Ia menganggap hal tersebut sebagai sebuah lelucon. “Makanya ini tak bawakan. Tidak (merasa dirugikan, red.) tak buat lucu-lucuan saja,” terangnya. Dia juga menanggapi santai soal sindiran lulusan SMK yang disematkan kepada dirinya. “Saiki usume Gibran lulusan SMK, lha nek lulusan SMK kenapa to? Kan lulusan SMK bagus juga,” ujar Gibran.

Namun ijazah Gibran masih dipermasalahkan Dokter Tifa. Lewat akun X @DokterTifa, dia merasa aneh dengan keterangan pendidikan Gibran yang berubah-ubah.

Bahkan perubahan itu sangat jelas terlihat dalam dua hari terakhir, dilihat Tifa dari Wikipedia. “Riwayat pendidikan yang berubah dalam dua hari. Versi 1.0, kuliah Singapore dulu baru “kuliah” Australia. Versi 2.0, kuliah eh kursus Australia, dapat gelar setara SMK, baru kuliah Singapore, dapat gelar Inggris,” kata dia. “Sudah ya, jangan ada versi 3.0 lagi. Marai mumet,” tambahnya, Senin (20/11/2023).

Dalam cuitan tersebut, Tifa juga memperlihatkan dugaan tangkapan layar riwayat pendidikan Gibran berdasarkan Wikipedia. Dari dua foto tersebut, terdapat perbedaan keterangan pendidikan Gibran.

Misalnya di foto pertama, diterangkan bahwa pada 2007 dia lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS).  Baru setelahnya melanjutkan studi pada program Insearch di UTS Insearch dan lulus tahun 2010. Sedangkan di foto kedua, Gibran menjalani studi di UTS Insearch terlebih dulu dan lulus pada 2006. Baru setelahnya menempuh MDIS dan lulus di tahun 2010. rmo, ins

Related posts

Kukuhkan Pengurus IPHI Jember 2021-2026, Emil Ingatkan Ketertiban Prokes Turut Andil dalam Geliat Ekonomi Daerah

redaksiWD

Kukuhkan 9.005 Mahasiswa Baru, Rektor Unair Dorong Mahasiswa Ikuti Jejak Alumni

redaksiWD

Waspadai Peretasan, Pakat ITS Imbau Lindungi Data Pribadi

redaksiWD