wartadigital.id
Headline Surabaya

Jokowi Resmikan Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun dan Patria Kota Blitar

Presiden Jokowi meresmikan Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun dan Terminal Tipe A Patria Kota Blitar di Terminal Tipe A Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).

 

SURABAYA (wartadigital.id)  – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun dan Terminal Tipe A Patria Kota Blitar di Terminal Tipe A Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).

Selain meresmikan dua terminal Tipe A yang berada di wilayah Jatim, Presiden Jokowi juga meresmikan dua terminal yang berada di wilayah Jawa Tengah yakni Terminal Tipe A Purworejo dan Terminal Tipe A Mendolo yang ada di Kab Wonosobo. Prosesi peresmian ditandai dengan penekanan tombol klakson dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Menurut Emil, ada dua makna dari diresmikannya kedua terminal Tipe A di Jatim ini. Pertama, ini adalah bentuk afirmasi dan keberpihakan pada transportasi publik.  “Bagaimana terminal dibuat semegah dan senyaman ini. Insyaallah ini akan mendorong masyarakat untuk mulai mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Surabaya.

Kedua, pembangunan terminal di kota atau kabupaten lain selain kota/kabupaten besar ini adalah bagian dari pemerataan pembangunan daerah.  “Ini menunjukan dukungan kami dan semoga ini mendorong pembangunan yang merata,” tuturnya.

Di akhir dia berharap bahwa keberadaan dua terminal yang telah direvitalisasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.  “Terima kasih Pak Presiden, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun memiliki konsep green building memperbanyak bangunan kaca sehinga mampu meminimalisir penggunaan lampu. Terminal ini menghabiskan dana sebesar Rp 30 miliar. Setidaknya terminal ini mampu menampung penumpang hingga 500 bus per harinya.  Diharapkan ke depan dapat mengejar target awal hingga 700 bus per hari.

Sedangkan Terminal Tipe A Patria Kota Blitar memiliki luas 3.950 m2 yang menghabiskan dana revitalisasi Rp 65 miliar. Pada libur Natal dan Tahun Baru 2024, volume penumpang naik hingga 95%.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa kemacetan yang terjadi di beberapa daerah hingga kota kecil harus dijawab dengan solusi tepat.“Inilah kerja pemerintah yang kejar-kejaran dengan kemacetan di berbagai daerah. Tidak mudah, tapi kita berani membangun sarana dan prasarana yang mendukung transportasi massal,” ucapnya.

Dia mengapresiasi pembangunan dan revitalisasi empat terminal ini. Terminal bus adalah tempat pelayanan dan memberikan dukungan pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Harusnya terminal memang seperti ini, menjadi simbol konektivitas antar daerah dan menjamin kenyamanan bagi penggunanya transportasi publik,” tandasnya. pri

Related posts

Populerkan Kuliner Timur Tengah dengan Sentuhan Cita Rasa Lokal, Emado’s Shawarma Kini Miliki 28 Gerai

redaksiWD

Dispora Jatim Gelar KIP Night Run, Dorong Minat Olahraga Masyarakat

redaksiWD

Rayakan HUT ke-78 RI, Pelindo Regional 3 Gelar Lomba Ketangkasan Memadamkan Api

redaksiWD