wartadigital.id
Headline Nasional

Kapolri Mutasi 7 Perwira Adhi Makayasa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

 

 JAKARTA (wartadigital.id) – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi 704 perwira Korps Bhayangkara. Dalam kebijakan terbaru ini terdapat tujuh lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) atau peraih penghargaan Adhi Makayasa yang turut berganti jabatan.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri, masing-masing Nomor: ST/2774/XII/KEP./2022; Nomor: ST/2775/XII/KEP./2022; Nomor: ST/2776/KEP./2022; dan Nomor: ST/2777/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.  Surat diteken Asisten SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada atas nama Kapolri.  “Mutasi jabatan hal biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty, juga dalam rangka penyegaran serta promosi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (27/12/2022).

Para lulusan terbaik Akpol yang mendapat job baru dari Kapolri di antaranya Irjen Pol Herry Rudolf Nahak. Jenderal Adhi Makayasa 1990 itu digeser dari Kasespim Lemdiklat Polri sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri. Penggeseran ini tertuang dalam Telegram ST/2775.

Nahak berpengalaman di bidang reserse. Kariernya terbilang mentereng, dimulai dari Danton Sabhara Ditsamapta Polda Metro Jaya pada 1991 dan terus melesat hingga tembus bintang. Pada 2020, polisi kelahiran 13 Agustus 1968 ini dipromosikan sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Tak sampai setahun dia ditarik menjadi Kasespim.

Adapula Irjen Pol Alberd Teddy Benhard Sianipar. Kapolri menunjuk lulusan Adhi Makayasa 1994 yang berpengalaman dalam bidang reserse tersebut untuk bertugas di luar struktur Polri. “Irjen Pol Alberd Teddy Benhard Sianipar, Karojianstra Sops Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Pati Bareskrim Polri (penugasan pada PPATK,” bunyi salinan Telegram ST/2775.

Teddy sesungguhnya telah digeser ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sejak Oktober 2020. Di lembaga itu, mantan Kapolres Karo Polda Sumatera Utara itu menjabat sekretaris utama atau sestama.

Menariknya, yang menggantikan Teddy sebagai Karojianstra Sops Polri ternyata juga perwira Polri dengan predikat Adhi Makayasa. Sosok tersebut yakni Brigjen Pol Jhonny Edison Isir yang saat ini menjabat Wakapolda Sulawesi Utara. Dalam rekam jejaknya, Jhonny pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk diketahui, penghargaan Adhi Makayasa diberikan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI (Akmil, AAL dan AAU) serta Polri (Akpol). Penerima penghargaan ini yaitu mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek: akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).

Di luar para lulusan terbaik, dalam mutasi kali ini juga terdapat setidaknya 24 jenderal yang bakal pamit dari Korps Bhayangkara. Mereka dimutasi karena memasuki masa pensiun. Sebut saja misalnya Irjen Pol Eko Indra Heri.

Jenderal bintang dua yang pernah menjabat Kapolda Sumatera Selatan itu dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri. Selain itu terdapat Irjen Pol Ida Oetari Poernamasari. Wakapolda Kalimantan Tengah ini dimutasi sebagai Pati Polda Kalteng, juga karena bakal pensiun. sin, cik

Berikut 7 perwira Adhi Makayasa dimutasi Kapolri:

  1. Irjen Pol Herry Rudolf Nahak – Adhi Makayasa Akpol 1990

– Jabatan lama: Kasespim Lemdiklat Polri

– Jabatan baru: Sahlisosek Kapolri

  1. Irjen Pol Alberd Teddy Benhard Sianipar – Adhi Makayasa 1994

– Jabatan lama: Karojianstra Sops Polri

– Jabatan baru: Pati Bareskrim Polri (penugasan pada PPATK)

  1. Brigjen Pol Jhonny Edison Isir – Adhi Makayasa 1996

Pernah menjabat ajudan Presiden Jokowi

– Jabatan lama: Wakapolda Sulut

– Jabatan baru Karojianstra Sops Polri

  1. Kombes Pol Agung Marlianto – Adhi Makayasa 1998

– Jabatan lama: Pamen Baintelkam Polri (penugasan pada BIN)

– Jabatan baru: Dirreskrimsus Polda Sumsel

  1. AKBP Bismo Teguh Prakoso – Adhi Makayasa 2001

– Jabatan lam: Wakapolres Metro Jakarta Barat

– Jabatan baru: Kapolres Bogor Kota

  1. AKBP Wirdhanto Hadicaksono – Adhi Makayasa 2003

– Jabatan lama: Kapolres Garut

– Jabatan baru: Kapolres Karawang

  1. AKBP James Hasudungan Hutajulu – Adhi Makayasa 2004

– Jabatan lama: Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Sumut

– Jabatan baru: Kapolres Labuhanbatu Polda Sumut

Related posts

KPU Usul Pencoblosan Pemilu pada 21 Februari 2024

redaksiWD

2.312 Debitur Tanda Tangan Akad Massal Kredit Konsumer, Bank Jatim Pecahkan Rekor MURI

redaksiWD

Cakupan Vaksinasi Anak Kabupaten Pasuruan Capai 29,59 Persen

redaksiWD