wartadigital.id
Ekbis Headline

Kerjakan Kapal Pesanan Filipina, PT PAL Targetkan Selesai 2026

Kegiatan “Ceremony of Keel Laying Landing Dock & First Steel Cutting Landing Dock”, Senin (22/1/2024).

 

SURABAYA (wartadigital.id) – PT PAL Indonesia mulai mengerjakan kapal pesanan Filipina jenis Landing Dock yang ditargetkan selesai dan bisa dikirim pada 2026, yang ditandai dengan kegiatan “Ceremony of Keel Laying Landing Dock & First Steel Cutting Landing Dock”.

Direktur Utama PAL Kaharuddin Djenod, usai kegiatan di Divisi Kapal Niaga PT PAL Surabaya mengatakan kapal perang Landing Dock Philippine ini membuktikan tingkat kepercayaan negara sabahat terhadap industri pertahanan dalam negeri.

“Dengan Filipina, dua kapal sudah di ekspor dan saat ini sedang kontrak lagi. Ini menunjukkan tingkat kepercayaan negara sahabat terhadap industri pertahanan kita,” katanya, Senin (22/1/2024).

Kaharuddin menjelaskan kepercayaan yang diberikan kepada PT PAL Indonesia dari negara asing tidak lain adalah berkat dukungan pemerintah dalam hal ini, Presiden Indonesia Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Presiden Jokowi dan Menteri Prabowo, lanjutnya, sangat memahami kondisi geopolitik sehingga negara sahabat memberi kepercayaan pada industri pertahanan Indonesia terutama PT PAL Indonesia.

“Kekuatan pemimpin Indonesia yang berhasil meyakinkan negara sahabat, bahwa kualitas produk industri pertahanan Indonesia tidak asal-asalan, tapi kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya tidak ingin menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan kepada PT PAL Indonesia. “Ketika kepercayaan itu diberikan kepada industri pertahanan dalam negeri, kami bisa memberikan hasil dengan kualitas yang benar-benar meyakinkan, dan tidak kalah dengan hasil industri pertahanan luar negeri,” ucapnya.

Kaharuddin menambahkan Indonesia memiliki posisi yang strategis dan bisa memberikan contoh kepada negara ASEAN lain,karena dengan segala keterbatasan mampu membangkitkan industri dengan level yang jauh lebih tinggi.

Selain itu, dari segi penguasaan teknologi anak bangsa sudah meningkat jauh, jika sebelumnya masih berkisar di kapal-kapal KCR 60 meter, LPD 123 meter, sekarang sudah mampu mendesain dan memulai Fregat Merah Putih.  “Ini meskipun basic desainya kami beli dari luar negeri, tetapi basic komplitnya adalah hasil karya putera-puteri Indonesia. Selain itu kami juga sedang dalam proses sedang mendesain kapal-kapal induk,” tuturnya.

Adapun spesifikasi kapal Landing Dock pesanan Filipina tersebut total berat kapal 7.200 ton, kecepatan maksimal 16 Knot, kecepatan jelajah 13 knot, daya tahan jelajah 30 hari, jangkauan operasi 9.360 Nm, maksimum penumpang 680 orang dan masuk dalam kelas Lloyd’s Register (LR). ike

Related posts

Sat Binmas Polres Sampang Borong Telur Asin Hasil Karya Siswa SMALB Negeri Sampang

redaksiWD

Selamat Tinggal WhatsApp

redaksiWD

Mahasiswa ITS Raih Juara 2 Pemuda Pelopor Nasional

redaksiWD