wartadigital.id
Headline

Kevin Sanjaya Gantung Raket, Ini Alasan Pensiun dari Badminton

Kevin Sanjaya resmi pensiun dari dunia bulutangkis.

JAKARTA (wartadigital.id) – Pebulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo mengungkapkan alasan mundur dari Pelatnas PBSI dan pensiun sebagai atlet bulutangkis.

Karier Kevin Sanjaya di badminton sebenarnya masih bisa melesat lebih jauh di usia 28 tahun dengan berbagai pertimbangan.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship.”

“Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini,” tulis Kevin di Instagram.

Keputusan gantung raket bukan perkara mudah bagi Kevin. Namun, ia harus mengambil sikap setelah berdiskusi dengan banyak pihak.

“Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini.”

“Di mulai dari cedera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Ditambah, partner saya (Marcus Gideon) cedera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024.”

Cedera yang dialami Marcus Gideon tak kunjung membaik hingga akhirnya gantung raket lebih dulu. Kevin sempat dipasangkan dengan Rachmat Hidayat namun prestasinya mandek.

“Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan.”

“Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas.”

Tidak puas dengan jawaban dari PBSI, Kevin memutuskan pensiun dari bulutangkis.

“Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton.”

“Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya,” tutur Kevin.

Tak lupa Kevin mengucapkan salam perpisahan dan meminta doa terbaik untuk masa depannya dan keluarga.

“Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya,” tutup Kevin. ins, cnn

Related posts

Tanda Ekonomi Mulai Bangkit, Konsumsi Listrik PLN Naik Jadi 25,84 TWh di Jatim

redaksiWD

129 PMI dari Malaysia Tiba di Jatim, Forkopimda Siapkan Sarana Prasarana Karantina

redaksiWD

Tinjau Banjir, Emil Apresiasi Penanganan Banjir oleh Pemkab Gresik

redaksiWD