wartadigital.id
Headline Manca

Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Jepang Capai 62 Orang

AFP
Gempa berkekuatan 7,6 magnitudo melanda Ishikawa pada Senin (1/1/2024), hingga kini banyak kota yang tidak mempunyai air bersih.

 

TOKYO (wartadigital.id) – Jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi Jepang hingga Rabu (3/1/2024) mencapai 62 orang.

Korban sebagian besar berasal dari wilayah Noto, Wajima, dan Suzu, di prefektur Jepang yang terkena dampak paling parah di mana ratusan bangunan hancur dan rata dengan tanah.

“Sedikitnya 62 orang dipastikan tewas dan lebih dari 300 orang terluka, 20 di antaranya serius,” ungkap otoritas setempat dalam sebuah pernyataan seperti dimuat AFP.

Jumlah korban diperkirakan akan bertambah seiring dengan kesulitan yang dihadapi tim penyelamat yang berjuang melawan gempa susulan dan cuaca buruk untuk menemukan korban di antara reruntuhan.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan peringatan hujan lebat di prefektur tersebut. “Waspada terhadap tanah longsor hingga Rabu malam,” kata JMA.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dalam waktu 40 jam setelah gempa pihaknya mendapat banyak informasi mengenai banyaknya korban yang membutuhkan bantuan. “Kita sedang berpacu dengan waktu dan terus melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa, mengutamakan nyawa orang lain,” kata Kishida dalam sebuah pernyataan.

Sejak gempa berkekuatan 7,6 magnitudo melanda Ishikawa pada Senin (1/1/2024), banyak  kota yang tidak mempunyai air bersih. Bahkan listrik di hampir 34.000 rumah telah padam selama berjam -jam.

Jepang mencabut semua peringatan tsunami setelah gelombang setinggi setidaknya 1,2 meter (empat kaki) menghantam kota Wajima dan serangkaian tsunami kecil dilaporkan di tempat lain.

Kereta peluru Shinkansen dan jalan raya kembali beroperasi pada Selasa (2/1/2024), setelah sebelumnya beberapa ribu orang terdampar selama hampir 24 jam akibat gempa. rmo

Related posts

Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polres Sampang dan Jajaran Gelar Baksos

Pemprov Jatim Targetkan Prevalensi Stunting Turun hingga 13,5% pada 2024

redaksiWD

Jalan Tampojungguwa Ambles, Bupati Baddrut Tamam Lapor ke Pemprov Jatim

redaksiWD