wartadigital.id
Headline Nasional

Mahfud MD Respon Narasi Prabowo-Gibran Disebut Khofifah Mirip Khulafaur Rasyidin

Dok
 Mahfud MD

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD merespons narasi gap usia paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang dikait-kaitkan dengan dua sahabat nabi, Abu Bakar ash-Shiddiq dan Ali bin Abi Thalib.

Menurut Mahfud, hubungan kedua tokoh besar Islam itu tak boleh sembarangan dipersonifikasikan untuk menggambarkan duet politik masa kini. Dia mengatakan keduanya berbeda karena politik hari ini dinilainya seperti sampah.

“Alangkah indahnya seandainya suatu negara dipimpin oleh orang mulia seperti Khulafa’ al Rasyidin. Abu Bakar, misalnya, salat dan dzikir siang malam dan selalu menyerahkan diribhartanya untuk kepentingan perjuangan,” ujar Mahfud dikutip dari akun resmi X-nya, Kamis (25/1/2024).

“Sayyidina Ali pun luar biasa, sejak muda rajin beribadah, selalu berjuang bersama Rasul, cerdas sehingga dijuluki Babul Ilmi (pintu ilmu). Ali juga hormat pada kemandirian hakim. Ditulis dalam tinta emas sejarah, Ali sangat menghormati kemandirian hakim seperti dalam kisah ketika Ali dituduh mencuri baju perang dengan tuduhan dan saksi palsu. Beliau menghormati hakim dengan tawadhu’,” katanya lagi.

Di akhir cuitannya, Mahfud mengaku tak rela jika kisah semulia milik para sahabat Rasulullah SAW disandingkan dengan praktik politik yang kotor seperti sekarang. “Kisah mulia seperti ini tak boleh dicampur aduk oleh dan dengan sampah politik,” ujar dia, menegaskan.

Pujian Khofifah

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa mengatakan bahwa duet pasangan Capres Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mirip dengan dua sahabat Nabi Muhammad SAW.

Menurut Khofifah, pasangan Prabowo-Gibran memiliki kesamaan dengan Abu Bakar ash-Shiddiq dan Ali bin Abi Thalib, dalam segi perbedaan usia dan kolaborasi antar generasi. “Saya mencoba mengambil personifikasi, maaf, Rasulullah SAW. Ada sahabat yang menjadi sahabat Rasulullah yang senior itu sayyidina Abu Bakar RA, tapi ada yang milenial itu sayyidina Ali RA,” katanya.

Khofifah melanjutkan, kepemimpinan di zaman Rasulullah SAW juga diwarnai dengan sosok berani seperti Sayyidina Umar RA. Menurut Khofifah, kesemuanya melengkapi masa kejayaan umat Islam saat itu. “Kira-kira begitu, komposisi senior-yunior ada di Sayyidina Abu Bakar dan ada di Sayyidina Ali,” ujar dia.

Namun demikian, Khofifah menegaskan dirinya tak bermaksud menyamaratakan posisi Prabowo-Gibran dengan tokoh besar muslim. Dia hanya memberikan referensi tersebut sebab menilai keduanya memiliki kemiripan soal rentang usia memimpin.

“Saya mohon maaf kalau saya menggunakan personifikasi seperti ini tidak dalam posisi bahwa ini setara dengan sahabat. Tapi dalam referensi kepemimpinan ada di lingkungan rasulullah pada saat itu ada senior ada yunior,” ucap dia.  pkr, ins

Related posts

Ini Spekulasi Rocky Gerung di Balik Pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh

redaksiWD

Kementerian Agama Perpanjang Pelunasan Biaya Haji hingga 19 Mei 2023

KPK Ungkap Rafael Alun Punya Perusahaan Konsultan untuk Mengondisikan Masalah Perpajakan

redaksiWD