wartadigital.id
Surabaya

Metode ‘Master Meter’, Upaya Pemkot Surabaya dan PDAM Sediakan Air Bersih

Pemkot Surabaya dan PDAM Surya Sembada berkolaborasi menyediakan air bersih melalui metode master meter

SURABAYA (wartadigital.id) – Pemerintah Kota Surabaya bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada berkolaborasi menyediakan air bersih bagi ratusan warga Tambak Dalam melalui metode master meter.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (8/5/2024), mengatakan sistem yang digunakan berawal dari permintaannya kepada PDAM untuk memastikan seluruh wilayah di kota Surabaya ini bisa mendapatkan pasokan air secara maksimal.

“Hari ini ada 500, yang sudah terlaksana 265 rumah, sisanya 235 diselesaikan sampai bulan Juni,” kata Eri.

Seperti diketahui, master meter adalah cara dalam sistem pelayanan berbasis komunitas yang didistribusikan ke rumah warga. Pengelolaannya dilakukan oleh kelompok swadaya masyarakat yang menjadi penghubung antara pengguna dan pihak PDAM.

“Alhamdulillah setelah 20 tahun tidak teraliri air sekarang bisa. Semuanya di PDAM sudah bergerak,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Arief Wisnu Cahyono menyatakan melalui metode meteran terpadu itu membuat warga yang terganjal administrasi pasang baru bisa mendapatkan pasokan air.

“PDAM berkomitmen menjamin keberlangsungan layanan optimal kepada pelanggan,” ujar dia.

Pemasangan master meter di Tambak Dalam menambah jumlah fasilitas tersebut di Kota Surabaya yang kini mencapai 220 titik. Sedangkan penerimanya sebanyak 10.266 kepala keluarga dengan biaya tarif Rp5.000 per kubik.

Selain itu, Wisnu meminta kepada seluruh KSM agar mengawasi masing-masing penerima manfaat secara ketat untuk mencegah praktik penjualan air.

“Air dari meter induk dialirkan khusus di wilayah KSM tersebut. Itu termonitor satu-persatu penerima manfaatnya,” kata dia. ike, nta

Related posts

Khofifah Tandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024 Bersama Forkopimda Jatim

redaksiWD

Jelaskan Masalah, Eri Cahyadi Temui Pengunjuk Rasa Warga Madura

redaksiWD

Walikota Surabaya Minta Panitia Kurban Perhatikan Pedoman Pemotongan Hewan dalam Situasi Wabah PMK

redaksiWD