wartadigital.id
Headline Mataraman

Pangdam Brawijaya Ingatkan Prajurit Netral saat Pemilu 2024

Istimewa
Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Makorem 081/DSJ Madiun, Jumat (12/1/2024).

 

MADIUN (wartadigital.id) – Panglima Kodam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI agar netral dalam menghadapi Pemilu 2024 yang tahapan-nya sedang berlangsung. Netralitas TNI tersebut ditegaskannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

“Ini situasi yang akan kita hadapi, yakni situasi pemilu agar sebagai prajurit TNI harus netral dan bersama-sama menjaga keamanan pertahanan wilayah,” ujar Mayjen Rafael saat berkunjung ke markas Korem 081/DSJ Madiun dan bertemu jajaran Forkopimda Kota dan Kabupaten Madiun, termasuk Walikota Maidi dan Pj Bupati Tontro Pahlawanto.

Dalam kunjungan tersebut Pangdam Rafael juga menyampaikan beberapa arahan. Mulai dari ucapan selamat tahun baru kepada jajaran Korem 081 hingga  pemangku kepentingan terkait, sampai arahan kepada prajurit untuk menghindari pelanggaran sekecil mungkin, termasuk dalam Pemilu 2024.

“Terima kasih rekan-rekan, pertama saya ingin menyampaikan selamat tahun baru 2024 kepada rekan-rekan dan stakeholder di Korem 081 beserta jajaran. Kemudian, kunjungan ini juga dalam rangka perkenalan karena saya termasuk baru di Pangdam V Brawijaya,” kata Pangdam.

Tak hanya tatap muka, Pangdam Brawijaya juga mengecek kondisi prajurit dan pangkalan di jajaran Korem 081 DSJ. Pangdam juga berdiskusi terkait kendala yang mungkin dialami para prajurit saat bertugas.

Selain itu, Pangdam V Brawijaya juga ingin mempererat jalinan sinergitas dengan Polri dan pemda agar lebih soild ke depannya. Hal itu penting dalam upaya menjaga keamanan wilayah, utamanya di tahun politik. “Nanti juga akan kita sampaikan terkait program-program Bapak KASAD dan juga Panglima TNI. Serta tentunya untuk mempererat soliditas antara TNI, Polri, dan pemda agar jalinannya ke depan semakin baik, sehingga kita bisa bersama rakyat, bekerja sama dalam menjaga keamanan wilayah,” kata dia.

Walikota Madiun Maidi yang hadir dalam kesempatan tersebut mengaku tersanjung dengan kedatangan Pangdam V Brawijaya beserta rombongan di Madiun Kota Pendekar. Hadirnya Pangdam tentu akan membawa dampak besar khususnya dalam tubuh TNI.

Maidi menyatakan sinergitas yang terjalin dengan TNI saat ini semakin baik. Baik sinergi dengan Pemerintah Kota Madiun, masyarakat, maupun dengan kepolisian.

Dalam kunjungannya tersebut, Mayjend TNI Rafael Granada Baay juga memberikan bantuan sosial (bansos) kepada purnawirawan maupun warakawuri. Tak hanya itu, Pangdam bersama istri juga menyaksikan pameran UMKM di Aula Jenderal Sudirman Makorem 081/DSJ. ara

Related posts

Bella Hadid Suarakan Dukungannya Menentang Pelarangan Jilbab

redaksiWD

Indeks KUB Jatim Tertinggi se-Pulau Jawa, Hasil Sinergi Seluruh Elemen Masyarakat

redaksiWD

Lepas Keberangkatan CJH Kloter 80, Eri Cahyadi Titip Doa untuk Keselamatan Surabaya

redaksiWD