wartadigital.id
Manca

Partai Buruh Menang Pemilu, Keith Starmer Bakal Gantikan Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Keith Starmer

 

LONDON (wartadigital.id) – Partai Buruh pimpinan Keith Starmer diproyeksi memenangkan pemilihan umum (Pemilu) Inggris dengan suara mayoritas besar. Kemenangan ini mencerminkan perubahan besar dalam politik Inggris seiring dengan runtuhnya Partai Konservatif pimpinan Rishi Sunak.

Melansir Bloomberg, Jumat (5/7/2024), exit poll resmi Pemilu memperkirakan Partai Buruh akan memenangkan 410 dari 650 kursi di House of Commons. Kemenangan ini merupakan yang terbesar sejak kemenangan telak Tony Blair pada tahun 1997, dengan proyeksi mayoritas 170 kursi.

Partai Konservatif (Tories) pimpinan Sunak diproyeksikan akan merosot menjadi 131 kursi, yang akan menjadi kinerja terburuk dan kemungkinan akan membuat beberapa nama-nama besar partai tersebut dikeluarkan dari Parlemen.

Partai Liberal Demokrat dan Partai Reformasi Inggris yang dipimpin oleh Nigel Farage juga diproyeksi mendapatkan suara besar. Jika exit poll terkonfirmasi, Starmer akan menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Rishi Sunak, menyelesaikan apa yang akan menjadi perubahan yang luar biasa sejak pendahulunya dari sayap kiri, Jeremy Corbyn, memimpin Partai Buruh.

Ketika Starmer mengambil alih Partai Buruh pada 2020, Partai Konservatif yang dipimpin Boris Johnson saat itu diperkirakan akan membuat Partai Buruh tidak berkuasa setidaknya selama satu dekade. Namun pemerintahan Johnson runtuh di bawah beban kekacauan dan skandal, tidak terkecuali ketika ia menjadi PM pertama yang didenda oleh polisi akibat melanggar aturan pandemi usai menggelar pesta di Downing Street. Penggantinya, Liz Truss, hanya menjabat selama 49 hari namun memicu kehancuran pasar keuangan.

Sejak mengambil alih pada Oktober 2022, Rishi Sunak gagal menghilangkan kesan bahwa warga Inggris sudah muak. Ini membuat Inggris mengalami guncangan politik yang besar. Starmer memanfaatkan kekacauan Partai Tories dengan menyerang pusat politik, di mana pemilihan umum Inggris biasanya dimenangkan.

Dia mendepak Corbyn, dan menampilkan Partai Buruh sebagai partai stabilitas ekonomi. Rachel Reeves, mantan ekonom Bank of England yang akan menjadi Menteri Keuangan Inggris wanita pertama di Inggris, telah menjadi pusat dari upaya Partai Buruh untuk mengajak dunia usaha mendukung Partai Buruh.

Pasar bersikap optimistis dalam menghadapi proyeksi kemenangan Partai Buruh. Poundsterling menguat tipis terhadap dolar AS dan euro setelah exit poll. “Tidak seorang pun di tahun 2019 yang akan membayangkan hal ini mungkin terjadi,” kata Peter Mandelson, mantan Menteri Tenaga Kerja dan kekuatan utama di balik kemenangan tahun 1997, seperti dikutip Bloomberg. bis

Related posts

Dukung Palestina, Khamenei Desak Negara-negara Muslim Beri Bantuan Militer dan Keuangan

redaksiWD

Israel Bunuh 7.028 Warga Gaza, tapi Kaim Pasukan Militernya Paling Bermoral di Dunia

redaksiWD

Ini Deretan Kasus yang Pernah Menjerat Donald Trump

redaksiWD