wartadigital.id
Ekbis Headline

Pelindo III Sediakan 40 Titik Layanan Sambungan Listrik Darat bagi Kapal di Pelabuhan

Istimewa
Salah satu titik layanan shore connection yang tersebar di sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.

SURABAYA (wartadigital.id) – Penyediaan sambungan listrik darat (shore connection) bagi kapal yang bersandar di dermaga pelabuhan menjadi inovasi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Saat ini tersedia sedikitnya 40 titik layanan shore connection yang tersebar di sejumlah pelabuhan yang dikelola oleh perseroan. Penyediaan layanan shore connection tersebut dinilai mampu menekan biaya BBM saat kapal berkegiatan di pelabuhan.

Vice President Corporate Communication Pelindo III R Suryo Khasabu menyebut penghematan yang didapat dari penggunaan sambungan listrik darat berkisar antara 25-30 persen. Penghematan diperoleh dari berkurangnya penggunaan BBM untuk memenuhi kebutuhan listrik kapal saat kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

“Selain menghemat biaya BBM untuk kapal, keberadaan layanan shore connection menjadi upaya Pelindo III dalam mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan,” kata Suryo, Jumat (19/3/2021).

Produksi layanan shore connection di pelabuhan yang dikelola Pelindo III setiap tahun mengalami peningkatan. Pada 2018 tercatat penggunaan layanan shore connection sebesar 43.391 KWh, meningkat menjadi 556.727 KWh pada 2019. Peningkatan produksi layanan shore connection pada 2020 mencapai 364 persen dari tahun 2019 yaitu sebesar 2.024.030 KWh.

“Layanan shore connection saat ini tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Intan, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Maumere, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Bagendang, dan Pelabuhan Bumiharjo,” jelas Suryo.

Untuk menjaga keandalan pengoperasian layanan shore connection, Pelindo III menugaskan PT Lamong Energi Indonesia (LEGI) , bagian dari Pelindo III Group yang bergerak di bidang ketenagalistrikan dan utilitas di area pelabuhan dan kawasan industri. Tahun ini Pelindo III menargetkan penambahan jumlah sambungan listrik darat di Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Bima, Pelabuhan Sampit dan Pelabuhan Kumai. ttw

Related posts

PTSL Jatim 2022 Capai 100 Persen

redaksiWD

Emil Dardak Tekankan Pentingnya Aspirasi Perempuan untuk Rumuskan Solusi Masalah Sosial Berbasis Rumah Tangga

redaksiWD

KPU Jatim Jadi Tuan Rumah Pelatihan bagi Operator Seluruh Indonesia

redaksiWD