wartadigital.id
Headline Nasional

Peneliti Sebut Khofifah Beri Peluang Prabowo-Gibran Dapat Dukungan Pesantren Jatim

Menhan Prabowo Subianto (kiri) saat bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya beberapa saat lalu.

 

JAKARTA (wartadigital.id) –  Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs, Ahmad Khoirul Umam, mengatakan masuknya Khofifah Indar Parawansa ke jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memberi peluang pasangan calon tersebut mendapat dukungan dari kalangan pesantren di Jatim.

Hal itu karena Khofifah memiliki basis pendukung yang banyak selama menjadi Gubernur Jawa Timur (Jatim). “Khofifah akan membuka peluang besar bagi tim kampanye Prabowo-Gibran untuk memperluas pengaruh mereka ke dalam basis pesantren dengan lebih efisien,” kata Khoirul dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Menurut Khoirul, sejauh ini, loyalitas santri kepada pimpinan pesantren terkait pilihan politik memang tidak setinggi dahulu. Namun demikian, lanjut dia, meraup suara di kalangan pesantren tetap berpengaruh, mengingat banyaknya jumlah pesantren dan pemuka agama di Jawa Timur.

Selain itu, kehadiran Khofifah juga memberikan kesempatan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran mendapat dukungan suara dari kalangan perempuan di Jawa Timur.

Lebih lanjut, Khoirul juga menilai potensi Prabowo-Gibran dalam memenangi Pilpres 2024 akan semakin besar ketika Khofifah masuk dalam jajaran tim sukses, karena suara di Jawa Timur menjadi tempat perebutan setiap pasangan calon peserta pilpres.

Oleh karena itu, dia menilai TKN Prabowo-Gibran sangat memanfaatkan dampak positif dari masuknya mantan Menteri Sosial itu untuk memenangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Sebelumnya, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Khofifah akan mulai aktif masuk ke jajaran TKN Prabowo-Gibran usai debat keempat capres-cawapres Pemilu 2024.

“Pasca debat keempat nanti, saat memasuki kampanye terbuka, di situlah beliau (Khofifah) sudah masuk sekaligus menjadi jurkam (juru kampanye) nasional,” kata Nusron dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Selama menjadi juru kampanye nasional untuk Prabowo-Gibran, lanjut Nusron, Khofifah juga akan mengambil cuti sebagai gubernur Jawa Timur hingga Pemilu 2024 berakhir.

Di TKN Prabowo-Gibran, Khofifah akan menempati posisi sebagai anggota dewan pengarah, bersama dengan ketua partai koalisi dan tokoh sentral. Hal tersebut tertera dalam SK/769/TKN-PG/1/2024, yang akan efektif pada tanggal 21 Januari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. ara

 

 

 

 

 

Related posts

Empat Hari, 179.378 Pemudik Menyeberang dari Gilimanuk ke Ketapang

redaksiWD

Kunjungan Silaturahim ke Grahadi, Ulama Besar Syeikh Fadhil Beri Hadiah 6 Jilid Kitab Tafsir

redaksiWD

Setelah Seluruh Warga Surabaya Terima Vaksin Dosis Kedua, Pemkot Siap Bantu Daerah Aglomerasi

redaksiWD