wartadigital.id
Headline Nasional

Pertanyaan Tak Terjawab, Cak Imin Kuliahi Gibran soal Pembangunan Berbasis Bioregional

Penampilan Muhaimin Iskandar dan Gibran dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024) malam.

 

 JAKARTA (wartadigital.id) – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar bertanya soal pembangunan berbasis bioregional pada cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming dalam debat cawapres. Muhaimin merasa Gibran tak menjawab pertanyaan.

Gibran menjawab pertanyaan Cak Imin dengan fokus pada pembangunan yang tak lagi java sentris. “Pertanyaan saya tidak terjawab sama sekali,” kata Muhaimin dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

Menurut Muhaimin, pelaksanaan pembangunan berbasis bioregional tak terkait dengan pembangunan javasentris. Sebab, pembangunan itu berbasis pada potensi daerah. “Potensi bioregional kita, bahwa wilayah nasional itu bukan terbagi sekadar politik dan administrasi saja,” kata Muhaimin dalam debat.

Dia menyatakan ekosistem lingkungan menjadi pertimbangan yang mendasar. Sekaligus, komunitas masyarakat yang tumbuh di daerah tersebut. “Misalnya Papua, pembangunan Papua itu harus berbasis pemerataan dan keadilan yang sempurna,” kata Muhaimin.

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. Tema pertama pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, tema yang kedua sumber daya alam dan energi, tema yang ketiga pangan, tema keempat agraria, tema kelima masyarakat adat, dan tema keenam desa.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari berharap tema debat dapat membuka wawasan pemilih. Utamanya, terkait cara pandang, visi misi, dan program kerja para calon.

Bukan Tebak-tebakan

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka juga menanyakan soal Lithium Ferro Phosphate kepada cawapres nomor urut 1 Cak Imin.  Gibran menanyakan hal ini karena dia menilai Timses AMIN sering menyinggung soal Lithium Ferro Phosphate.

“Tenang Pak Gibran. Semua ada etikanya. Termasuk kita diskusi di sini. Bukan tebak-tebakan definisi, tapi (di sini/debat) forum policy dan kebijakan,” jawab Cak Imin di debat cawapres, Minggu (21/1/2024).

Cak Imin pun kembali memberikan jawaban soal etika lingkungan seperti yang dia sampaikan di visi dan misi.

Kemudian, Gibran tampak belum puas dengan jawaban Cak Imin. Cak Imin pun kembali menjawab Gibran.   “Bukan tebak-tebakan definisi di sini levelnya. Kita level SD, SMP atau SMA? Atau ijazah kita palsu semua?,” sindirnya.

Sebagai catatan, Lithium Ferro Phosphate adalah jenis baterai lithium-ion yang menggunakan litium besi fosfat sebagai material katoda dan grafit elektroda karbon dengan lapisan logam sebagai anoda. set, one

Related posts

PPKM Darurat, Pelindo III Jamin Kelancaran Arus Logistik di Pelabuhan

redaksiWD

Tobatenun Komitmen Lestarikan Kain Batak Agar Tak Punah

redaksiWD

Mesut Ozil Penuh Janjinya Salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta

redaksiWD