wartadigital.id
Ekbis

PLN Nusantara Power Sabet Best Community Programme Global CSR & ESG Award 

PLN Nusantara Power UP Gresik bersinergi bersama masyarakat mengajak seluruh lapisan masyarakat di Pulau Bawean untuk menanam mangrove melalui program CSR OM BUDI

SURABAYA (wartadigital.id) – PLN Nusantara Power (PLN NP) terus mengukuhkan sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh terhadap pelestarian lingkungan dan pengembangan masyarakat di sekitar wilayah bisnisnya.

Melalui Unit Pembangkit (UP) Gresik dan program OM BUDI, PLN NP berhasil mendapatkan penghargaan Best Community Programme pada gelaran Global CSR & ESG Award 2024 yang diselenggarakan di Hanoi, Vietnam.

Global CSR & ESG Awards adalah event tahunan yang diselenggarakan guna mengapresiasi perusahaan yang telah mengimplementasikan program CSR sesuai dengan standar internasional diharapkan melakukan perubahan mendasar pada bisnisnya melalui pendekatan terhadap Environment (lingkungan) , Social (sosial), dan Governence (tata kelola) yang lebih dikenal dengan ESG.

Di tahun ini, even tersebut diselenggarakan di Hanoi, Vietnam dan merupakan gelaran ke 16 sejak pertama kali diselenggarakan. Agenda ini merupakan sebuah  rangkaian kompetisi dan forum international conference yang telah dibuka sejak akhir tahun 2023.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2024) menyampaikan arah perusahaan dalam pengembangan sosial dan lingkungan. Menurutnya, PLN Nusantara Power berusahan semaksimal mungkin untuk berkontribusi secara langsung kepada masyarakat di sekitar wilayah bisnisnya melalui pemberdayaan.

“Sudah menjadi DNA PLN Nusantara Power untuk bersinergi bersama masyarakat dalam program pemberdayaan. Salah satunya adalah program CSR UP Gresik ini yang bernama OM BUDI (Komunitas Budidaya Terintegrasi) yang bernilai omset mencapai 561 juta rupiah di tahun 2021-2023,” kata Ruly.

Program OM BUDI sendiri mulai direncanakan sejak tahun 2019 dan telah berjalan secara kontinyu berdasarkan roadmap hingga tahun 2024. Program ini memberdayakan masyarakat melalui pengembangbiakan kepiting dan perikanan dengan mengalihfungsikan lahan bekas abrasi yang tidak bisa ditanami kembali di Pulau Bawean Jawa Timur.

Di dalam program ini juga menerapkan energi ramah lingkungan melalui instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berkapasitas 1.000 Wp yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi program OM BUDI.

Sebanyak 190 masyarakat rentan ikut terlibat langsung dalam program tersebut dan merasakan dampak positif dari program tersebut seperti kenaikan tingkat kesejahteraan yang mencapai 2.500.000 juta per bulan per orang.

“Selain itu, OM BUDI juga berdampak langsung terhadap lingkungan melalui pencegahan abrasi yang ada di Pulau Bawean,” tambah Ruly.

Fauzi Iskandar selaku Senior Manager UP Gresik juga menyatakan tujuan dalam pelaksanaan program OM Budi dari UP Gresik ini.

“Program OM BUDI ini adalah bentuk keselarasan antara bisnis dengan lingkungan serta sosial masyarakat. Dalam menciptakan dampak yang berarti, kami melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan value product kami, konsisten dalam mengurangi dampak terhadap lingkungan serta mendorong pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan,” ungkap Fauzi Iskandar.

UP Gresik telah mengikuti proses submission dan pemenuhan kriteria pada bulan Januari 2024. UP Gresik membawakan program pemberdayaan masyarakat pesisir Pulau Bawean yaitu OM BUDI (Komunitas Budidaya Terintegrasi) dalam kontestasi level internasional ini. nti, jnr

Related posts

Kinerja Moncer, Petrokimia Gresik Cetak Laba Rp 1,94 triliun Sepanjang 2021

redaksiWD

H-2 Lebaran 2024, Okupansi Penumpang KAI Daop 8 Surabaya Capai 24.294 Orang

Stafsus Menteri BUMN Sebut Tak Ada Limit Kartu Kredit Rp 30 Miliar

redaksiWD