wartadigital.id
Headline Nasional

Rocky Gerung Ungkap Kebenaran Tersembunyi soal IKN, Rakyat Dibohongi

Istimewa
Rocky Gerung

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Pengamat politik Rocky Gerung kembali mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait proyek Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

Rocky Gerung menilai Jokowi telah membohongi rakyat soal IKN dengan mengklaim bahwa terdapat investor asing yang tertarik menanamkan modalnya di proyek tersebut.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTubenya dikutip Jumat (5/1/2024), Gerung mengulas berita yang menyebutkan bahwa dua investor dari dalam negeri, yakni PT Jarum dan Wings Group, telah mundur dari proyek IKN.

Rocky Gerung menilai berita tersebut merupakan sinyal kuat bahwa investor asing juga telah hengkang dari proyek tersebut. “Semua perjanjian bisnis selalu ada first, second, dan layer-layer berikutnya. Itu yang ngomong sekarang orang baru, corporate secretary-nya. Itu artinya ada upaya untuk memberitahu lebih awal bahwa enggak ada kasak-kusuk. Itu artinya memang ada kasak-kusuk untuk hengkang,” kata Rocky Gerung.

Rocky Gerung menjelaskan bahwa investor asing sudah pasti akan mundur dari proyek IKN karena proyek tersebut tidak memiliki prospek yang jelas.

Selain itu, ketidakpastian politik di Indonesia juga menjadi faktor yang mendorong investor asing untuk hengkang. “Jokowi kesulitan untuk mencari investor asing sehingga malaklah investor dalam negeri. Sebenarnya dipalak. Sama seperti kita tahu, perusahaan-perusahaan ini kadang kala pajak 2 tahun lagi disuruh bayar di depan gitu,” kata Rocky Gerung.

Rocky Gerung juga menilai bahwa mundurnya dua investor dari dalam negeri merupakan sinyal bahwa para taipan Indonesia sudah mulai mengikuti arah angin politik. Rocky Gerung memprediksi bahwa investor asing juga akan mengikuti arah angin politik tersebut.

“Dalam situasi ketika Jokowi selalu dalam posisi lemah atau kalau dalam istilah Indonesia kapal karam, orang-orang itu mulai menyelamatkan diri masing-masing termasuk para investor. Mereka ini kan follow the power saja sebenarnya supaya selamat aset investasinya,” kata Rocky Gerung.

Rocky Gerung menilai bahwa Jokowi telah gagal dalam membangun IKN Nusantara.  Rocky Gerung memprediksi bahwa IKN Nusantara akan menjadi proyek gagal seperti proyek-proyek besar lainnya yang digagas oleh Jokowi. “Jokowi memang berupaya moles dirinya dengan cara memoles IKN, tapi dua-duanya bopeng. Wajah politik Jokowi bopeng, wajah investasi IKN juga bopeng,” kata Gerung. viv

Related posts

Kepincut Inovasi UMKM Jember, Arumi Borong Keripik Gedebog Pisang

redaksiWD

BKKBN Jatim Sabet Juara 1 BKR Percontohan Tingkat Nasional

redaksiWD

Khofifah Lepas Pembalap Moto3 GP Mario Suryo Aji Bertanding di 16 Negara

redaksiWD