wartadigital.id
Headline Surabaya

Salat Id di Taman Surya, Idul Fitri Momen Perkokoh Ekosistem Sosial

Pelaksanaan Salat Id di Taman Surya Surabaya, Rabu (10/4/2024)

SURABAYA (wartadigital.id) – Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang juga khotib Salat Id di Taman Surya Prof Akhmad Muzakki menyatakan Idul Fitri harus dijadikan momentum memperkokoh ekosistem sosial masyarakat.

“Hidup tidak boleh terputus satu sama lain, kita tidak boleh mengabaikan terbentuknya ekosistem sosial,” kata Prof Akhmad Muzakki saat menyampaikan ceramah bertajuk “Menjadi Lebih Baik Pasca Ramadhan”, Rabu (10/4/2024).

Akhmad Muzakki menjelaskan langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, sama seperti ketika berjalannya Ramadhan.

Dia mengkhawatirkan apabila masyarakat acuh terhadap ekosistem sosial, maka beragam permasalahan di Kota Surabaya tidak bisa ditangani.

“Setelah Ramadan jangan tinggalkan ibadah sosial, saling berbagi. Harus diingat, karena dampak permasalahan sosial yang tidak ditangani bisa berdampak luas,” ujarnya.

Beragam persoalan yang bisa diselesaikan dengan penguatan ekosistem sosial, diantaranya stunting, gizi buruk, hingga kenakalan remaja.

Oleh karenanya, ia berharap masyarakat di Kota Surabaya bisa saling mempedulikan kondisi lingkungannya masing-masing.

“Menjadi Muslim yang baik setelah Ramadan bukan hanya shalat, berpuasa, dan membaca Alquran semakin kencang, tetapi kontribusi terhadap sosial harus dikebut,” kata dia.

Pelaksanaan Salat Id Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Taman Surya, Balai Kota Surabaya diikuti oleh ribuan masyarakat. Para jamaah sudah tiba di lokasi sejak sekitar pukul 05.10 WIB.

Pelaksanaan Salat Id yang dipimpin oleh Qori’ Nasional dan juga Imam di Masjid Nasional Al- Akbar (MAS) KH Abdul Hamid Syarifuddin.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi bersama keluarganya hadir untuk melaksanakan ibadah Salat Id di lokasi tersebut. Dan pelaksanaan Salat Id di Taman Surya berlangsung sekitar 1 jam.

Para jamaah pun terlihat sudah patuh pada anjuran agar tak membawa koran untuk dijadikan alas, namun menggantinya dengan lembaran berbahan aluminium. ike, ins

Related posts

SIG Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

redaksiWD

Gelombang Panas Ekstrem Terjang Spanyol, Lebih dari 500 Orang Tewas

redaksiWD

Hari TBC Sedunia 2023, Khofifah Nyatakan Komitmen Penuh Dukung Program Eliminasi TBC 2030

redaksiWD