wartadigital.id
Headline Surabaya

Sambut Lebaran, Jetis Kulon X Bebaskan Parkir R4 dan Gelar Takjil Jilid II

Kawasan Jl Jetis Kulon X selama perayaan Idul Fitri 2024 bakal dibebaskan R4 untuk parkir.

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Menyambut Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, warga kawasan Jl Jetis Kulon X Wonokromo, Surabaya, diberi keleluasaan dalam merayakan, namun harus tetap sesuai rambu-rambu atau aturan yang disepakati bersama.

Kali ini terkait parkir kendaraan di sepanjang Jl Jetis Kulon X yang selama ini ada pembatasan, namun saat perayaan Lebaran ada kelonggaran. Ketua RT 11-RW 04 Wonokromo, Joko Purwanto ST, bahkan proaktif dengan membuat pemberitahuan ke warga yang di-share melalui grup WA.

Pemberitahuan ke warga mengenai Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 itu antara lain berbunyi “Salam sehat
bapak, ibu, saudara/saudari warga yang sangat kami hormati dan banggakan, pada kesempatan baik ini, kami mohon izin menyampaikan terkait dengan suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 di lingkungan Jetis Kulon 10, yang setiap tahunnya dirayakan bersama keluarga, saudara, tetangga serta kerabat yang datang dari luar kota/perantauan.”

Dalam pemberitahuan itu Ketua RT 11 melanjutkan, “Adapun maksud dan tujuan kami tak kalah pentingnya, kami selaku pengurus RT ingin juga ambil bagian dari perayaan tersebut dengan akan diperbolehkan atau diizinkan parkir kendaraan roda empat atau R4 di sepanjang Jl Jetis Kulon 10,” kata Joko, Sabtu (6/4/2024).

Kendati ada keleluasaan R4 diizinkan parkir, tetapi pihaknya tetap memberikan rambu-rambu. Atau ada ketentuan yang harus dipatuhi, yakni parkir tanpa bayar alias gratis. Kendaraan yang diparkir tidak boleh di jalur atau di depan masuk rumah warga.

Ketentuan berikutnya kendaraan diparkir dengan rapi dan tetap memberikan akses jalan untuk pengguna jalan lainnya. “Kehilangan, kerusakan dan lainnya menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh pemilik kendaraan,” ujar Ketua RT 11 tiga periode itu.

Ia melanjutkan, kendaraan yang diparkir tidak diperbolehkan untuk menginap atau bermalam. Jam penjagaan kampung tetap sesuai SOP dari pukul 23.00 hingga 05.00 WIB (portal tutup/buka). Adapun R4 diperbolehkan atau diizinkan parkir pada 10-14 April 2024, sekitar lima hari.

Joko melanjutkan, setelah tanggal tersebut akan kembali lagi seperti semula. “Kembali normal, tidak diperbolehkan parkir kendaraan R4 di sepanjang Jalan Jetis Kulon 10. Demikian kami sampaikan atas perhatian & kerjasamanya diucapkan banyak terimakasih,” ujarnya.

Takjil Jilid Kedua

Ketua RT 11 itu juga menginformasikan, Karang Taruna setempat juga melakukan buka bersama dan berbagi takjil, Sabtu (6/4/2024). “Ya betul, teman-teman Karang Raruna menggelar takjil jilid kedua. Sekaligus mereka berbuka bersama di rumah Reva, salah satu anggota Kartar Romantix Jetis Kulon X,” lanjut Joko.

Karang Taruna kembali menggelar takjil jilid kedua lanjutan dari sebelumnya.

 

Sedangkan untuk pembagian takjil dilakukan di Jalan Raya Ketintang (kawasan depan ITT Telkom) dan sekitar lingkungan Jetis Kulon X. Tampak antusiasme warga penerima takjil.

Menurut Joko, kegiatan berbagi takjil rutin dilakukan setiap tahun. Bahkan untuk tahun ini juga berbagi sahur atau sahur on the road hingga ke berbagai kawasan di luar Jetis Kulon X. “Alhamdulillah…yang penting berkah dan teman-teman karangtaruna semakin aktif dalam berkegiatan. Ini hanya sebagian dari aktivitas atau kegiatan karangtaruna, karena masih banyak yang mereka kerjakan,” tuturnya. edt

Related posts

Perbesar Peluang Sivitas di Dunia Kerja, ITS Kerjasamakan Teknologi Big Data

redaksiWD

Pantau Kadar Gas Buang, Pemkot Surabaya Uji Emisi Kendaraan

redaksiWD

Pertahankan Kinerja Sehat, BNI Diperkuat Direksi Baru

redaksiWD