wartadigital.id
Headline Pantura

Tahun 2024, Jemaah Calon Haji Kenakan Baju Batik Baru

Kepala Kantor Kemenag Tuban menunjukkan seragam batik yang akan dikenakan JCH tahun 2024.

 

TUBAN (wartadigital.id) – Jemaah haji Indonesia tahun 2024 akan mengenakan seragam batik baru. Seragam batik Sekar Arum Sari tersebut merupakan hasil sayembara yang digelar sejak Agustus 2023 lalu, dengan hak cipta desain batik yang dimiliki oleh Kementerian Agama RI. Pemenang sayembara ialah Sony Adi Nugroho, satu dari 10 finalis.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Umi Kulsum menyampaikan, batik motif Sekar Arum tersebut berwarna ungu dengan corak batik berwarna putih dan terdapat lambang burung garuda.

Motif Sekar Arum Sari tersebut, terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda. Filosofinya adalah puspa nasional Indonesia yang digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Bersamaan dengan adanya baju batik baru tersebut, Umi Kulsum mengimbau supaya semua Jemaah Calon Haji (JCH) Tuban Tahun 2024 ini memakai baju tersebut saat di Tanah Suci. “Jangan sampai memakai kain batik dengan motif yang lama,’’ kata Umi kepada awak media, Selasa (2/4/2024).

Mantan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban itu melanjutkan, jika JCH akan menerima kain batik yang baru saat pelunasan. Sehingga bisa segera dijahit untuk dipakai saat menunaikan ibadah haji 2024. uba, kim

Related posts

Demokrat Diacak-acak karena Kerap Berseberangan dengan Kebijakan Pemerintah

redaksiWD

Pemprov Jatim Dukung Penuh Raperda Desa Wisata

redaksiWD

PSI Akui Ibu ‘Penjual Dawet’ yang Sebar Hoaks Tragedi Kanjuruhan Pernah Jadi Pengurus Partainya

redaksiWD