wartadigital.id
Pantura

Tampil Memukau, Atlet Pencak Silat asal Rengel dan Soko Lolos ke O2SN Tingkat Provinsi

Kabid Pendidikan SD, M. Nurdin saat menyerahkan piala kepada juara

TUBAN (wartadigital.id) – Setelah dibuka sejak Senin lalu, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kabupaten Tuban kali ini mempertandingkan cabang olahraga pencak silat yang merupakan seni bela diri tradisional asli Indonesia yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.

Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, M. Nurdin, mengatakan sebanyak 22 atlet dari tingkat SD/MI yang turut ambil bagian dalam kompetisi tersebut terdiri dari 12 peserta putra dan 10 peserta putri dari masing-masing kecamatan.

Dalam cabang olahraga pencak silat tersebut, imbuh Nurdin, terdapat dua nomor perlombaan utama yang dipertandingkan dalam O2SN Pencak Silat, yakni jurus tunggal dan solo kreatif.

Pada nomor jurus tunggal, masing-masing peserta menampilkan jurus selama tiga menit yang terdiri dari gerakan-gerakan baku. Sementara pada nomor solo kreatif, para pesilat dinilai berdasarkan beberapa aspek seperti teknik serang bela, kemantapan, serta penjiwaan dari ekspresi gerakan.

Hasilnya, juara pertama pada nomor pencak silat putra berhasil diraih oleh Refrandra Eka W. dari Kecamatan Soko, sementara Adhenaya Keyla M. dari Kecamatan Rengel meraih juara pertama pada nomor pencak silat putri. Prestasi ini menandai keberhasilan mereka dalam menampilkan kemampuan terbaiknya dan meraih penghargaan di tingkat kabupaten.

Kepada para juara pencak silat tersebut, Kabid Pendidikan Sekolah Dasar memberikan pesan agar mereka dapat meningkatkan performa saat menghadapi kompetisi di tingkat provinsi berikutnya.

“Khususnya untuk seluruh peserta, baik pemenang maupun yang sudah berjuang hari ini agar tidak patah semangat dan terus meningkatkan performanya di kompetisi mendatang,” kata dia, Jumat (17/5/2024).

Rincian juara O2SN Pencak Silat:

Pencak Silat Putra

1. Refandra Eka W. / Kec. Soko;
2. Danendra Keanu Attarahman / Kec. Tuban;
3. Choerul Fathan / Kec. Rengel.

Pencak Silat Putri

Juara O2SN pencak silat Putri
1. Adhenaya Keyla M. / Kec. Rengel;
2. Aulia Kenzya M. / Kec. Soko;
3. Shabrina Brilianesa / kec. Tuban. uba, kim

Related posts

Ribuan Warga Lamongan Terancam Tak Terima BPNT

redaksiWD

Tingkatkan Kualitas SDM Bidang Pariwisata, Pemkab Bojonegoro Gelar Uji Kompetensi Tour Management 

Juli, Tuban Mulai Gelar KBM Tatap Muka

redaksiWD