wartadigital.id
Headline Surabaya

Tips dan Imbauan untuk Warga yang Mudik Lebaran

SURABAYA (wartadigital.id) – Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah semakin dekat. Perayaan Lebaran bagi umat Muslim diwarnai libur nasional dan cuti bersama sehingga banyak yang mudik ke kampung halaman guna merayakannya.

Berkaitan dengan mudik ke kampung halaman, ada tips atau pesan agar tetap waspada. Terutama ketika warga meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman atau sekadar berwisata ke luar kota.

Ada beberapa tips dan imbauan agar saat berangkat mudik atau ke luar kota senantiasa tidak meninggalkan kewaspadaan rumah yang ditinggal, juga selalu hati-hati saat dalam perjalanan.

Tak berlebihan bila Joko Purwanto ST selaku Ketua RT 11-RW 04, Wonokromo, Surabaya, juga mengingatkan dan mengimbau warganya yang akan mudik untuk selalu hati-hati dan waspada.

Melalui WhatsApp grup warga Jetis Kulon X, Joko Purwanto mengimbau kepada warga yang akan mudik Lebaran untuk selalu memastikan rumah dalam kondisi terkunci. Kedua pastikan juga aliran PAM dan keran air tertutup rapat.

“Kecuali itu memastikan untuk mematikan aliran listrik yang tidak terpakai dan dicabut dari sumbernya. Juga untuk melepas regulator dari tabung gas,” ujar Joko dalam imbauannya kepada warga.

Ia melanjutkan, pastikan pula kendaraan bermotor yang ditinggal dikunci ganda dan berada di tempat yang aman. Kemudian menitipkan atau memberitahukan ke tetangga terdekat dan kepada Ketua RT sebelum berangkat mudik. “Jangan lupa, nyalakan lampu depan atau teras rumah,” lanjutnya.

Dalam WA grup juga didaftar warga yang akan mudik, lengkap dengan gang dan atau nomor rumah yang akan ditinggalkan. Termasuk berapa lama kemungkinan di luar kota.

“Demikian imbauan agar selama libur Lebaran wilayah kita terjaga dari bahaya kebakaran, kemalingan dan hal-hal lain yang tidak kita inginkan. Hati-hati selama perjalananan dan selamat sampai tujuan hingga kembali ke tempat asal,” kata Ketua RT 11-RW 04 Wonokromo tiga periode itu.

Tak lupa, dia beserta jajaran dan segenap pengurus RT 11-RW 04 Jetis Kulon 10 mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dan Mohon Maaf Lahir & Batin. edt

Related posts

Pertama Kali Digelar, Festival Al Banjari Modern Diikuti 65 PD Pemkot Surabaya

redaksiWD

Tingkatkan Kualitas Layanan Syariah, ITS Teken Kerjasama dengan BSI

redaksiWD

Filipina Kembali Sambut Turis Asing

redaksiWD