wartadigital.id
Headline Malang Raya

ASN Harus Berani Menjadi Agen Perubahan

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat memberikan arahan pada kegiatan Pembukaan Pelatihan Administrator Angkatan XII dan XIII di Kantor BPSDM Jatim Jl. Kawi No. 41 Kota Malang, Jumat (28/7/2023) malam.

 

MALANG (wartadigital.id) – Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menyebut Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berani menjadi agen perubahan birokrasi.

“Apa yang ingin saya sampaikan bahwa keberanian untuk meyakini kita bisa membawa perubahan. Perubahan birokrasi yang berdampak langsung,” katanya saat memberikan arahan pada kegiatan Pembukaan Pelatihan Administrator Angkatan XII dan XIII serta Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III angkatan IV dan Golongan II angkatan XII di  Kantor BPSDM Jatim Jl. Kawi No. 41 Kota Malang, Jumat (28/7/2023) malam.

Ia mengatakan, perubahan birokrasi atau lebih familiar disebut reformasi birokrasi terus dibangun dan dijalankan dengan penuh komitmen dan konsisten, khususnya faktor manusianya.

“Faktor yang menentukan sukses tidaknya sebuah program adalah manusianya. Ini yang menjadi semangat reformasi birokrasi, dimana reformasi birokrasi ini harus terukur dan berdampak,” katanya.

Lebih lanjut, Wagub Emil menyampaikan ada 3 hal penting harus dilakukan dalam mewujudkan birokrasi yang mampu menjawab tantangan masa depan dan menjadi prioritas Pemprov Jatim.

“Ada 3 titipan Ibu Gubernur, pertama bekerjalah pakai data, sehingga kerja kita bisa terukur, yang kedua adalah Inisiatif, Kolaboratif dan Inovatif (IKI), dan yang terakhir adalah percayalah kalau bekerja kita niatkan sebagai ibadah InsyaAllah kita akan punya kepuasan batin,” tandasnya

Selain itu, mantan Bupati Trenggalek ini juga mengatakan reformasi birokrasi bukan hanya menjadi slogan, tetapi harus menjadi budaya organisasi dan paling penting harus tahu prioritas dari sebuah reformasi birokrasi.

“Jadi jangan kita umek reformasi birokrasi, tapi tidak tahu prioritasnya kemana, tidak hanya ikut-ikutan. Reformasi birokrasi harus nyambung, mulai dari tingkat pemerintah pusat sampai daerah baik provinsi, kabupaten/kota bahkan tingkat desa,” ungkapnya.

Emil berharap ASN jangan sampai terjebak pada zona nyaman, terus memberikan yang terbaik bagi bangsa dan menjadi pribadi-pribadi sukses dan bermanfaat. fik

Related posts

Kombes Pol Johnny Eddizon Isir Jadi Guru Tamu Istimewa Pelajar Surabaya

redaksiWD

Polres Gresik Siapkan Empat Bus untuk Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

redaksiWD

Bantu Pemkot Surabaya Perbaiki Kualitas Sanitasi Masyarakat, ITS Gencarkan Bangun Jamban Sehat

redaksiWD