wartadigital.id
Headline Nasional

Hindari Cetak Kartu Vaksin untuk Beraktivitas, Data Pribadi Rawan Bocor

Satgas Covid-19 pun meminta masyarakat tidak perlu mencetak kartu vaksin. Pasalnya, sertifikat vaksin bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Jasa cetak kartu vaksin Covid-19 kian menjamur seiring dengan kebijakan pemerintah mewajibkan vaksinasi sebagai syarat beraktivitas.  Namun Satgas Covid-19 mengingatkan agar masyarakat berhati-hati , karena di dalam sertifikat vaksin tersebut terdapat data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di QR code yang tertera.

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 pun meminta masyarakat tidak perlu mencetak kartu vaksin. Pasalnya, sertifikat vaksin bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi yang sudah terintegrasi dengan government cloud serta dengan berbagai aplikasi lain, seperti Silacak, eHac di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), maupun aplikasi Bersatu Lawan COVID (BLC) di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Dengan adanya aplikasi PeduliLindungi ini, masyarakat tidak perlu lagi repot mencetak sertifikat vaksin yang dimiliki,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Minggu (15/8/2021).

Wiku meminta kepada masyarakat untuk dapat menjaga sertifikat vaksin yang dimiliki, mengingat di dalam sertifikat tersebut terdapat QR code yang berisi data pribadi. “Jangan sampai data tersebut jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab karena akan membahayakan masyarakat. Saya juga meminta masyarakat untuk dapat memperhatikan kelayakan jasa cetak sertifikat vaksin sebelum mencetak vaksin sehingga kebocoran data pribadi dapat dicegah,” kata Wiku.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan ( Kemendag ) bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) telah melakukan pengawasan perdagangan jasa pencetakan kartu vaksin secara daring yang ditawarkan di platform marketplace (lokapasar). Untuk itu, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) telah melakukan proses penurunan ( take down ) tautan tersebut dan memblokir kata kunci (keyword) yang mengandung frase sertifikat vaksin, jasa cetak vaksin  dan sejenisnya. set, sin

Related posts

Mudahkan Penumpang Tahu Kebijakan Tiap Negara terkait Covid, Emirates Uji Coba IATA Travel Pass

redaksiWD

Kualifikasi Piala Dunia 2022, Italia Menang 2-0 atas Irlandia Utara

redaksiWD

Diduga Terlibat Jual Beli Jabatan, Bupati Nganjuk Ditangkap KPK

redaksiWD