wartadigital.id
Headline Pendidikan

i-Car Turut Ramaikan Wisudawan ITS di Wisuda Drive Thru

Dr Rudi Dikairono ST MT (bertoga), wisudawan program doktor dari program studi Teknik Elektro FTEIC yang datang bersama istri dan puteranya mengendarai mobil listrik tak berawak i-Car.

 

SURABAYA (wartadigital.id) –  Gelaran Wisuda ke-124 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada kedua, Minggu (3/10/2021), yang berlangsung di halaman Gedung Rektorat ITS diwarnai dengan kehadiran i-Car. Smart car karya ITS yang merupakan kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik dan tanpa awak ini turut mengantarkan sejumlah wisudawan mengikuti prosesi wisuda secara drive thru.

Salah satunya adalah Dr Rudi Dikairono ST MT yang mengendarai i-Car bersama istri dan puteranya saat menuju prosesi penyerahan ijazah. Rudi adalah wisudawan program doktor dari program studi Teknik Elektro, yang juga merupakan salah satu anggota dari tim riset dan inovasi yang mengembangkan i-Car.

Selain i-Car, seperti halnya di prosesi wisuda drive thru hari pertama, pada hari kedua ini motor listrik GESITS karya ITS yang sudah dihilirisasi untuk produksi massal kembali turut mengantarkan beberapa wisudawan. Beberapa orangtua yang sebelumnya datang dengan mengendarai kendaraan pribadinya, mencoba mengendarai motor ramah lingkungan ini untuk mengikuti prosesi wisuda drive thru.

Dalam sambutannya, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng menyebutkan, di gelaran wisuda hari kedua ini diikuti oleh 924 wisudawan dari program studi (prodi) doktor (S3), magister (S2) dan sarjana (S1). “Para wisudawan tersebut berasal dari dua fakultas yang berbeda, yaitu Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) serta Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD),” ungkapnya.

Lebih lanjut, ada 468 mahasiswa FTEIC dengan rincian, 16 dari program studi doktor (S3), 76 dari program studi magister (S2), dan 376 dari program studi sarjana (S1). Tercatat pula, 159 di antaranya berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan (cumlaude). Sementara itu, FSAD meluluskan 456 mahasiswanya dari program studi doktor, magister, dan sarjana. Di antaranya terdapat 138 orang yang berhasil meraih capaian cumlaude.

Tidak sekadar lulus, wisuda kali ini juga menjadi momen spesial bagi mahasiswa terbaik di hari kedua dengan capaian prestati mereka. Di antaranya ialah wisudawan doktor terbaik (IPK 4) oleh delapan mahasiswa gabungan FTEIC dan FSAD. Wisudawan magister terbaik oleh Hendri Prabowo dari Departemen Statistika (IPK 4) dan Maulidia Rahmawati dari Departemen Biologi (IPK 4), serta wisudawan sarjana terbaik yakni Jennifer Patricia Departemen Statistika (IPK 3,95) yang juga merupakan wisudawan sarjana terbaik di Wisuda ke-124 ITS ini.

Di sisi lain, rektor yang akrab disapa Ashari ini juga memberikan penghargaan bagi wisudawan tertua dan termuda di gelaran hari kedua ini. Masing-masing adalah Aryo Nugroho dengan usia 51 tahun 3 bulan yang merupakan wisudawan program studi Fisika FSAD dan Fadia Afif yang juga dari program studi sarjana Fisika FSAD dengan usia 20 tahun 5 bulan.

Memasuki penghujung acara, Ashari berpesan bahwa alumni ITS memiliki peran besar yang dibutuhkan dalam mengembangkan Indonesia dan harapannya tidak berhenti untuk terus belajar. “Wisuda ini bukan langkah akhir dari tujuan anda (wisudawan ITS), melainkan menjadi awal hidup untuk dapat berkontribusi terhadap masyarakat dan bangsa,” pungkasnya penuh semangat. rya

Related posts

Juni, Cadangan Devisa RI Naik Jadi 137,1 Miliar Dolar AS

redaksiWD

Pertama Kolaborasi dengan Rapper Asing, Raisa Berbagi Pengalamannya

redaksiWD

PPKM Diperpanjang, Ini Daftar Daerah yang Kembali Masuk Level 2

redaksiWD