wartadigital.id
Nasional

Irjen Kemenag Apresiasi Layanan Fast Track dan Embarkasi Solo, Terbaik dan Inovatif

Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim cek layanan fast track di Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Selasa (21/5/2024)

BOYOLALI (wartadigital.id) – Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI Faisal Ali Hasyim, mengapresiasi layanan fast track (jalur cepat) di Bandara Adi Soemarmo Surakarta dan layanan Embarkasi Solo. Menurut Faisal, layanan fast track dinilai yang terbaik di Indonesia. Sementara layanan di Embarkasi Solo penuh dengan inovasi.

Faisal menyampaikan hal itu dalam kunjungannya di Embarkasi Solo, 21-22 Mei 2024. Faisal didampingi Kepala Kanwil Kemenag Jateng selaku Ketua PPIH Embarkasi Solo, Musta’in Ahmad dan Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Jateng, Fitriyanto.

“Saya meninjau layanan fast track di Bandara Adi Soemarmo Surakarta untuk melihat sejak jemaah datang di Bandara. Bagaimana pelayanannya baik sebelum, proses dan setelah pemeriksaan, hingga keberangkatan dengan pesawat. Semua hanya membutuhkan waktu sekitar 40-50 menit, sangat cepat,” kata Faisal di Boyolali, Rabu (22/5/2024).

Sementara terhadap layanan satu pintu (one stop service) dan layanan embarkasi lainnya, Faisal mengakui layanannya penuh dengan inovasi. “Saya menilai banyak inovasi dan kreativitas di layanan embarkasi ini. Layanan cepat, tidak bertele-tele, jemaah terlihat merasa puas,” lanjut Faisal.

Faisal mengatakan, hal ini sesuai dengan harapan Menteri Agama yang ingin semua layanan dipersingkat, sehingga jemaah merasa nyaman dan puas. “Saya atas nama Menteri Agama menyampaikan terima kasih kepada Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo beserta seluruh petugasnya yang sudah bekerja luar biasa. Saya gembira, karena apa yang diinginkan Menteri Agama bisa diterjemahkan dengan baik oleh Ketua PPIH dan seluruh petugas. Saya melihat semua layanan, baik layanan terpadu satu pintu, akomodasi, konsumsi, dan transportasi berjalan dengan baik,” ucapnya.

Faisal juga sempat melepas keberangkatan jemaah haji kloter 37 Embarkasi Solo (SOC-37) dari Kabupaten Batang pada Selasa malam (21/5/2024). Selain itu, Faisal didampingi Kakanwil juga menyapa jemaah kloter 39 Embarkasi Solo (SOC-39) dari Kota Pekalongan dan Kabupaten Kendal.

Untuk diketahui, Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi salah satu bandara di Indonesia dengan fasilitas Makkah Route. Fasilitas ini merupakan inisiatif dari pemerintah Arab Saudi dan Indonesia untuk mempermudah proses keimigrasian jemaah haji asal Indonesia untuk masuk ke Arab Saudi.

Melalui inisiatif Makkah Route yang juga disebut dengan fast-track keimigrasian Arab Saudi, jemaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara, sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci. aji, kmg

Related posts

PDIP Laporkan Tiga Media ke Dewan Pers

redaksiWD

BPOM Paparkan Alasan Blokir Pabrik Ivermectin Milik PT Harsen

redaksiWD

Terkejut dengan Narasi Mahfud, Ubedilah Badrun Sebut Sekelas Menko Bahasanya Begitu

redaksiWD