wartadigital.id
Headline Pendidikan Surabaya

Lancar, Hari Perdana UTBK-SBMPTN di Universitas Airlangga

Hari perdana Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 di Unair resmi dimulai, Senin (12/4/2021).

 

SURABAYA (wartadigital.id)  – Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 resmi dimulai, Senin (12/4/2021). Ujian yang akan berlangsung secara serempak hingga 2 Mei 2021 dipersiapkan dengan baik oleh beberapa perguruan tinggi penyelenggara, tak terkecuali Universitas Airlangga (Unair).

Perihal kesiapan dan proses pelaksanaan UTBK-SBMPTN 202 di Unair, Wakil Rektor Bidang Akademik, Mahasiswa, dan Alumni sekaligus Ketua UTBK Unair Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA, DVM menjelaskan jadwal UTBK sebagaimana yang diatur dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 12/SE.LTMPT/2021 Tentang Penyesuaian Waktu Pelaksanaan dan Jadwal UTBK-SBMPTN 2021 terdiri dari 2 gelombang. Yakni gelombang I mulai  12-18 April 2021 dan gelombang II mulai 26-30 April 2021 serta 1-2 Mei 2021.

“Masing-masing gelombang ini terdiri dari 2 sesi yaitu sesi pagi yang dimulai pada pukul 06.45 dan sesi siang yang dimulai pukul 13.00,” katanya, Senin (12/4/2021).

Untuk saat ini jumlah peserta UTBK Unair yang terdaftar adalah 19.143, yang terdiri dari kelompok Saintek sebayak 8.641 peserta, kelompok Soshum sebanyak 9.401 peserta dan kelompok campuran sebanyak 1.101 peserta.

Lokasi UTBK di Universitas Airlangga disebar ke 3 tempat yaitu Kampus A (Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi), Kampus B (Fakutlas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Perpustakaan, Gedung Serba Guna, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Vokasi) dan terakhir ada di Kampus C (PPMB Gedung ACC, Gedung ACC Lantai 2, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Gedung Nanizar Zaman Joenoes, Gedung Pertamina MIPA Dasar, Gedung Kahuripan Lt. 2 dan Fakultas Keperawatan).

Dijelaskan Prof Dr Bambang, pada saat pelaksanaan UTBK peserta diwajibkan membawa dokumen yang diperlukan saat ujian yaitu cetak/prinyout Kartu Peserta Ujian, fotocopy ijazah/SKL yang telah dilegalisir ataupun Surat Keterangan Kelas 12.

Karena pada 2021 ini, masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga Pusat UTBK Unair juga mengimbau para peserta untuk mengisi surveilans Covid19 sehari sebelum ujian pada link utbk.unair.ac.id.

Selain mengisi surveilans, Pusat UTBK Unair menyediakan petugas yang melaksanakan Protokol Kesehatan bagi pengelola, peserta dan panitia. Di mana salah satu tugasnya adalah melakukan pengecekan suhu tubuh kepada para peserta ujian di depan pintu gerbang ataupun area lokasi ujian.

Apabila suhu tubuh peserta lebih dari 37,3 C maka peserta ujian tidak diperkenankan mengikuti ujian tersebut. “Para peserta ujian juga kami imbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) yaitu dengan memakai masker medis, menyiapkan masker medis cadangan, membawa handsanitizer dan tetap menjaga jarak selama masa ujian berlangsung,” katanya.

Pusat UTBK Unair juga melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit setempat, Dinas Kesehatan dan Satgas Covid19 setempat. Sehingga diharapkan dalam pelaksanaan UTBK di Unair pada 2021 ini dapat berjalan tertib dengan menerapkan prokes yang baik demi menjaga semua pihak yang terlibat, terutama bagi para peserta agar tetap aman dan nyaman dalam melaksanakan ujiannya. ary, mas

Related posts

Waspada, Tujuh Provinsi Rawan Serangan Varian Delta

redaksiWD

Atasi Banjir Luapan Sungai Kedunggaleng, Gubernur Khofifah Minta Segera Dibangun Plengsengan Permanen

redaksiWD

Khofifah Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kab Mojokerto

redaksiWD