wartadigital.id
Ekbis

Pelindo Lakukan Penyulaman 20.000 Bibit Mangrove di Desa Bancaran

Sedikitnya terdapat 20.000 bibit mangrove di tanam ulang di area seluas 11 hektare di Desa Bancaran, Kabupaten Bangkalan, Madura.

 

SURABAYA (wartadigital.id) –  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan melakukan penyulaman bibit mangrove. Hal ini merupakan upaya monitoring dan evaluasi program penanaman mangrove guna memastikan program tanam mangrove maksimal.

Program sulam mangrove dilakukan, Rabu (8/5/2024). Sedikitnya terdapat 20.000 bibit mangrove di tanam ulang di area seluas 11 hektare di Desa Bancaran, Kabupaten Bangkalan, Madura. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program penanaman mangrove yang telah dilakukan Pelindo pada 2023, di mana sebanyak 55.000 bibit mangrove ditanam di area yang sama.

“Pada tahun 2023, kami menanam 55.000 bibit mangrove di Desa Bancaran. Namun, karena faktor ombak yang besar, sekitar 25-30% bibit mangrove tersebut mati,” ujar Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari di Surabaya.

Karlinda menambahkan, kegiatan tanam dan sulam mangrove kali ini tidak hanya melibatkan masayarakat melalui kelompok-kelompok tani, namun juga peran aktif pegawai perusahaan untuk ikut langsung melakukan penanaman. Hal ini sejalan dengan Employe Social Responsibility dari Kementerian BUMN.

“Dukungan kami pada lingkungan tidak hanya pada program2 TJSL namun juga peran langsung para pegawai kami. Harapannya partisipasi pegawai bisa terus bertambah kedepannya,” ujar Karlinda.

Kegiatan penyulaman mangrove di Desa Bancaran disambut baik oleh masyarakat setempat. Ketua kelompok Tani Tunas 2 Desa Bancaran, Mujamil, menyampaikan terima kasih kepada Pelindo atas perhatiannya terhadap kelestarian lingkungan di desanya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pelindo atas bantuannya dalam menanam mangrove di Desa Bancaran. Mangrove sangat penting bagi kami, karena dapat mencegah abrasi pantai dan melindungi habitat biota laut. Kami juga akan membantu merawat mangrove yang ditanam agar dapat tumbuh dengan baik,” ujar Saleh.

Penanaman mangrove di Desa Bancaran merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pelindo. Mangrove memiliki banyak manfaat, di antaranya mencegah abrasi pantai, melindungi habitat biota laut, dan menyerap emisi karbon. Pelindo berkomitmen untuk terus mendukung kelestarian lingkungan hidup. Pelindo menargetkan pada tahun 2024 akan menanam mangrove di area seluas 100 hektare. hdi

Related posts

MoU dengan Provinsi Lampung, Khofifah Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

redaksiWD

DKPP Surabaya Sebut Kenaikan Harga Cabai Rawit Dipengaruhi Faktor Cuaca

redaksiWD

Dinkopdag Ungkap Batik Khas Surabaya Sangat Diminati

redaksiWD