wartadigital.id
Headline Teknologi

Tuai Kecaman dari Gamer Indonesia, Kominfo Minta Maaf

Samuel Abrijani Pangerapan

 

JAKARTA (wartadigital.id)  –  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meminta maaf kepada para gamer Indonesia yang dirugikan akibat pemblokiran pada PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) yang belum mendaftar ke Kominfo.

“Jadi, mohon maaf teman-teman, pemain game,” kata  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Samuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers Kominfo, Minggu (31/7/2022).

“Saya juga pemain game, mohon maaf sementara waktu memang masih ada kendala dan mereka sedang melengkapi dan mereka berkomitmen segera mendaftar. Kita tunggu, mudah-mudahan bisa cepat mendaftar,” kata dia.

Menempatkan posisinya sebagai pemain game, pria yang akrab disapa Sammy ini mengaku kerap menghabiskan waktu senggangnya bermain game golf.

“Game saya itu game golf. Jadi kalau lagi santai saya main game golf. Saya juga merasakan (dampak dari pemblokiran), tapi aturan tetap harus ditegakkan, kalau tidak nanti negara dianggap plin-plan,” tuturnya.

Sammy menambahkan, para gamer harap bersabar lantaran pihak Kominfo telah melakukan komunikasi lewat email dengan Steam, Dota, dan CS-GO. “Mereka bersedia untuk melakukan pendaftaran ulang ke PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik),” ujarnya.

Saat ini, Steam sedang menyiapkan kelengkapan data dan kemudian akan diunggah dalam form pendaftaran PSE Kominfo. Dalam waktu dekat ini, Steam akan dicabut status blokirnya dan dapat digunakan kembali.

Sebagai informasi, Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020 menjadi dasar hukum kewajiban perusahaan yang beroperasi secara digital di Indonesia, baik perusahaan lokal maupun asing, wajib mendaftar PSE Lingkup Privat ke Kominfo.

Diketahui, Kominfo memberi batas waktu hingga 30 Juli kepada platform digital untuk mendaftarkan sebagai PSE di Indonesia.    Data Kominfo per 31 Juli menunjukkan ada 9.039 platform atau layanan yang didaftarkan oleh 5.453 PSE  Pemblokiran sejumlah situs seperti  Yahoo Search, Dota 2, Paypal, Steam, Counter-Strike Global Offensive dan Origin, telah menuai kritik warganet.

Bahkan sampai Minggu (31/7/2022), tagar #BlokirKominfo masih bertengger di trending topic Twitter Indonesia, begitu juga dengan kata PayPall dan Steam. one, ins

Related posts

JCW Kabupaten Sampang Berjanji Kawal Kasus Pupuk Sampai Tuntas

redaksiWD

2022, BI Optimistis Ekonomi Jatim Bangkit

redaksiWD

Pemkot Surabaya Gelar Simulasi Mitigasi Bencana Kebakaran

redaksiWD