wartadigital.id
Headline Pendidikan

UMKM Surabaya Kini Hadir di Theater Rasa Food Court ASEEC Unair

Peresmian food court yang diberi nama Theater Rasa di Airlangga Sharia & Enreoernurship Education Center (ASEEC) Tower Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (23/8/2023).

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan food court yang diberi nama Theater Rasa di Airlangga Sharia & Enreoernurship Education Center (ASEEC) Tower Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (23/8/2023). Dalam proses kurasi, melibatkan pakar kuliner sekaligus pengusaha yang sudah berpengalaman, yakni Owner Hidayah Catering Ika Listyorini Rahayuningtyas.

“Alhamdulilah di Gedung ASEEC Unair menyediakan kantin dan dipandangi oleh Theater Rasa Unair. Karena bagaimanapun, kantin yang nyaman akan membuat mahasiswa datang dan makan disini. Saya matur nuwun karena UMKM dan Yayasan Majelis Taklim Surabaya (Yamatas) menjadi bagian dari kantin Unair,” kata Walikota Eri.

Cak Eri menjelaskan, hal ini menunjukkan bahwa UMKM Surabaya terus berbenah menjadi lebih baik. Meski harganya kaki lima, tapi rasa yang ditawarkan layaknya bintang lima. Apalagi, kantin ASEEC Unair dikemas menjadi tempat yang nyaman bagi mahasiswa untuk berkumpul, makan, hingga mengerjakan tugas.

“Alhamdulillah sudah ada yang saya rasakan (kuliner) dan kita tahu betul rasanya luar biasa. Saya kebetulan juga mahasiswa (S3) di gedung ini, ketika makan, mengerjakan tugas, atau berkumpul bisa merasa nyaman di sini. Terima kasih banyak kepada Pak Rektor dan Pak Warek, semoga dengan dibukanya kantin ini bisa menggerakkan ekonomi Surabaya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr Muhammad Madyan menyampaikan dengan dibukanya Theater Rasa Food Court di ASEEC merupakan salah satu bentuk kepedulian Unair terhadap pelaku UMKM di Kota Surabaya. Dimana Unair berusaha untuk mengangkat taraf hidup mereka menjadi lebih baik.

“Serta dalam upaya untuk mengikis kemiskinan adalah tujuan kita. Di samping itu juga agar gedung yang dimiliki Unair lebih layak guna bagi civitas akademika maupun bagi masyarakat sekitar,” kata Prof Madyan.

Karenanya, Prof  Madya menegaskan bahwa seluruh makanan dan minuman yang ada di kantin Unair dipastikan kebersihannya. Serta, telah lulus dari uji kesehatan dan gizi. “Karena kita punya FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat), kita menjamin makanan yang di jual di kantin di seluruh Unair sudah lulus dari uji terkait kesehatan gizi dan sebagainya,”  ujar dia.

Pengelola Teater Rasa, Intan Puspitasari mengatakan, sebanyak 25 UMKM Surabaya telah bergabung di Theater Rasa Food Court ASEEC Unair. Sebelumnya, ia bersama pakar kuliner sekaligus pengusaha yang sudah berpengalaman, yakni Owner Hidayah Catering Ika Listyorini Rahayuningtyas dipercaya oleh Unair untuk mengelola Theater Rasa Food Court ASEEC Unair.

“Proses kurasi bersama Bu Ika karena beliau mengerti bagaimana standar Unair. Yang di kurasi dan layak akhirnya kita bagi di beberapa tenan, seperti ada dari PKK Surabaya, Yamatas, dan beberapa UMKM yang lainnya,” kata Intan.

Di Theater Rasa Food Court, tersedia beragam kuliner khas Kota Surabaya. Ada pula menu Asian Cuisine, seperti Sushi dan Dimsum. Selain itu, juga tersedia makanan ringan, mulai dari kebab, bakso, dan bakwan. Selanjutnya, ada juga pilihan menu beverages kekinian, seperti cokelat dan mocca.

“Yang pasti di sini ada masakan khas Surabaya, seperti rawon, soto daging, dan pecel dengan harga terjangkau. Kita upayakan tidak ada tenan dengan menu yang sama. Sedangkan untuk sistem pembayaran kita buat satu pintu, bisa secara tunai maupun non tunai,” pungkasnya. rya

Related posts

Jelang Akad Nikah, Keluarga Erina Gudono Gelar Semaan dan Khataman Quran

redaksiWD

Khofifah Serahkan BLT DBHCT pada 5.030 Buruh Pabrik Rokok Jatim

redaksiWD

Tak Kantongi SLF, DPRKPP Surabaya Beri Peringatan 2.740 Pemilik Gedung

redaksiWD