JAKARTA (wartadigital.id) – Shopee Indonesia baru saja menutup kampanye Big Ramadan Sale 2021 dengan animo tinggi masyarakat. Total produk UMKM yang terjual selama momen tersebut mencapai lebih dari 130 juta.
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyampaikan Ramadan pada 2 tahun terakhir ini masih memiliki suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membawa ragam perubahan, salah satunya tantangan dalam melakukan kegiatan usaha yang berpengaruh pada perekonomian. Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini, Shopee berupaya untuk memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya terhadap produk-produk lokal UMKM sebagai salah satu upaya untuk mendukung roda perekonomian Indonesia.
“Kami senang sekali melihat animo yang tinggi dari pengguna untuk memenuhi kebutuhan Ramadan, terlihat dari antusiasme pengunjung Shopee selama Ramadan yang kami inisiasi sebagai wadah untuk aktivitas online, seperti berbelanja berbagai kebutuhan. Hasil yang luar biasa ini juga tidak luput dari dukungan mitra brand dan para penjual yang telah berpartisipasi,” katanya, Jumat (7/5/2021).
Dijelaskannya hadirnya Shopee Big Ramadan Sale 2021 di tengah masyarakat Indonesia, diharapkan dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan, memberikan hiburan melalui fitur interaktif serta games menarik dengan tujuan untuk dapat memberikan kemudahan pengguna agar tetap menjalin kedekatan dengan keluarga tanpa harus pulang kampong. Selain itu upaya dalam turut mendukung UMKM Indonesia selama Ramadan 2021 berlangsung.
Dijelaskan Handhika, kampanye Shopee Big Ramadan Sale juga menjadi wadah efektif yang memberikan kemudahan berbelanja para pengguna melalui penerapan metode pembayaran digital. Terdapat peningkatan penggunaan ShopeePay hingga hampir 90% pada puncak kampanye Big Ramadan Sale 2021 berlangsung, dibandingkan hari biasanya.
TIdak hanya menjadi wadah untuk berbagai alternatif aktivitas online selama Ramadan, Shopee Indonesia yang turut merealisasikan peran dan fungsi sosialnya, menjadi prasarana perpanjangan tangan untuk berbagi ke sesama secara virtual, baik untuk donasi, maupun pembayaran zakat kepada pihak yang membutuhkan. Melalui program Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee, sebanyak total Rp 1,128,461,180 zakat dan donasi telah terkumpul sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga 5 Mei 2021. “Shopee berkolaborasi untuk mendistribusikan hasil dana ini kepada mustahik bersama dengan berbagai mitra lembaga terpercaya antara lain seperti, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan Nu Care Lazisnu,” kata Handhika.
Shopee dan ShopeePay juga bekerjasama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan sebagian total donasi melalui salah satu program spesial kolaborasi bertajuk “Pemberdayaan Ekonomi UMKM”. Program ini diinisiasi sebagai perpanjangan tangan pengguna untuk dapat memberi pelaku UMKM bantuan untuk berkembang dalam bentuk pendanaan atau modal usaha, pendampingan dan edukasi wirausaha.
Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha mengatakan pihaknya senantiasa membuka berbagai peluang baik demi terealisasinya komitmen kami untuk dapat selalu berbagi. Rumah Zakat sudah menjalankan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadan beberapa tahun lalu hingga saat ini, dan telah menerima antusiasme yang sangat positif dari para pengguna Shopee. “Tahun ini, kami senang sekali berhasil menghadirkan kolaborasi spesial melalui program ‘Pemberdayaan Ekonomi UMKM’ bersama Shopee untuk dapat membantu dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM. Hasil donasi melalui Shopee, kami salurkan ke pelaku UMKM di berbagai wilayah desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se-Indonesia,” katanya. ren