wartadigital.id
Headline Nasional

Aksi Walk Out Retno di Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB Viral, Ini Kata Jubir Kemenlu

Instagram
Momen Menlu Retno dan sejumlah diplomat pergi keluar ruangan sidang.

 

JAKARTA (wartadigital.id)  – Video aksi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi walk out di sidang terbuka Dewan Keamanan (DK PBB) saat Dubes Israel untuk PBB Gilad Ergan mendapat giliran memberikan pernyataan, viral di media sosial. Juru Bicara Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal angkat bicara soal video tersebut.

Dia mengatakan, kejadian itu berlangsung saat wakil tetap (Watap) Israel untuk PBB Gilad Erdan menyampaikan statement.

Aksi meninggalkan ruangan sidang tidak hanya dilakukan Retno saja melainkan ketua delegasi negara lain. “Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar ruangan saat Watap Israel menyampaikan statemennya,” ujar Iqbal kepada wartawan, Kamis (25/1/2024).

Iqbal menuturkan, sebelumnya Watap Israel juga tidak berada di ruangan saat Indonesia dan sejumlah negara organisasi kerjasama Islam (OKI) menyampaikan pernyataan. “Sebaliknya delegasi Indonesia dan sejumlah negara OKI juga tidak berada di ruangan saat Watap Israel menyampaikan pernyataan,” tutur dia.

Disampaikan Kemlu dalam debat terbuka yang berlangsung pada Selasa (23/1/2024), menlu Retno Marsudi menyerukan penolakan keras atas niatan Israel yang ingin menghapus Palestina dari peta dunia.

Diketahui pada 18 Januari, Perdana Menteri Netanyahu secara terbuka menyatakan dia tidak akan mengizinkan Palestina ada. “Indonesia menolak keras pernyataan tersebut. Pernyataan ini tidak dapat diterima. Hal ini menegaskan tujuan akhir Israel untuk menghapus Palestina dari peta dunia,” tutur Menlu Retno.

Karena itu ia meminta DK PBB segeda bertindak, lantaran pernyataan ini makin menyulut ancaman perang besar-besaran di Timur Tengah kian nyata. “Akankah Dewan ini tinggal diam menghadapi niat tersebut?,” tegas mantan dubes RI untuk Belanda ini. rmo

Related posts

Jatim Pimpin Sementara Perolehan Medali Kejurnas Balap Sepeda 2022 di Banyuwangi

redaksiWD

Peduli Pembangunan Wilayah Pesisir, Kelautan dan Perikanan Berkelanjutan, Khofifah Raih PWI Maritime Awards

redaksiWD

Plh Walikota Surabaya Ajak PMI Ikut Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

redaksiWD