wartadigital.id
Headline Nasional

Anies Dilaporkan ke Bawaslu Imbas Singgung Lahan Prabowo di Debat Capres

Istimewa
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat capres ketiga.

 

JAKARTA (wartadigital.id) – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, dilaporkan Pendekar Hukum Pemilu Bersih (PHPB) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Anies dianggap menyerang capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, soal kepemilikan lahan seluas 340 ribu hektare.

Merespons pelaporan tersebut, Ketua Dewan Pakar Timnas Amin, Hamdan Zoelva menegaskan, yang disampaikan Anies saat debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu kemarin (7/1/2024) hanya mengulangi pernyataan Jokowi pada debat capres 2019 lalu.

“Apa yang disampaikan oleh Pak Anies mengenai lahan 340 ribu hektare itu hanya mengungkapkan fakta dari rekam digital yang ada, yang pernah disampaikan oleh Pak Jokowi,” kata Hamdan di Markas Pemenangan Timnas Amin di Jalan Diponegoro 10 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2024).

Saat itu Jokowi menyebut Prabowo memiliki 220 ribu hektare lahan di Kalimantan Timur dan menguasai 120 ribu hektare lahan lain di Aceh Tengah.

Menurut Hamdan, selama ini Prabowo juga tidak pernah membantah soal kepemilikan lahan tersebut. Sehingga yang disampaikan Anies saat debat kemarin tidak ada maksud menyerang. “Saya belum pernah menemukan itu dibantah. Dalam dunia informasi, suatu berita yang tidak dibantah itu adalah dianggap sebagai sebuah berita yang diterima,” pungkasnya.

PHPB menganggap Anies melanggar Pasal 280 ayat (1) huruf c juncto Pasal 521 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dan Pasal 72 ayat (1) huruf c Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Kampanye Pemilu.

Aturan itu berisi soal larangan peserta pemilu “menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon, dan/atau peserta pemilu yang lain”, dengan konsekuensi pidana paling lama 2 tahun penjara dan denda Rp24 juta. rmo

Related posts

Rayakan Ulang Tahun ke-75, Emil Dardak Sebut Hermawan Kertajaya Tokoh Lintas Sektor Unik

redaksiWD

Rentan Kasus Hukum, Kades Harus Terus Diberi Pendampingan Kelola Dana Desa

redaksiWD

Jokowi Isyaratkan Dukungannya, Duet Prabowo – Sandiaga Uno Jilid II Menguat

redaksiWD