wartadigital.id
Headline Nasional

Enggan Buka Aib Lawan, Prabowo Dinilai Patriot Sejati

Penampilan Prabowo Subianto dalam debat capres ketiga belum lama ini.

 

JAKARTA (wartadigital.id) –  Sosok calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto merupakan sosok jujur dan rendah hati.  Meski diserang lawan, Prabowo memilih untuk menahan diri dan tak membuka aib orang lain.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rahayu Saraswati di akun Twitter pribadinya belum lama ini.

Pernyataan itu ia lontarkan usai menyaksikan debat kandidat capres yang berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024. Menurutnya, Prabowo Subianto adalah seorang patriot sejati, dan itu dibuktikan saat dirinya menjadi sasaran serangan kubu lawan saat debat.

“Beliau diserang seolah-olah semua kesalahan semua orang di sekeliling bahkan dari administrasi maupun kepemimpinan sebelumnya semuanya di dia. Tapi ia memilih untuk tidak membuka kesalahan mereka. Siapa saja yang salah kapan pun tidak dia sebut,” tuturnya dikutip pada Selasa (9/1/2024).

Rahayu juga menyebut, kendati Prabowo Subianto diserang berulang kali, ia tetap menahan diri dari membuka kesalahan orang lain.  Hal ini menunjukkan sikap jujur dan rendah hati serta ketenangan Prabowo Subianto dalam menghadapi kritik.

“Beliau yang saya kenal tidak pernah mau membuka kesalahan orang lain, walaupun itu artinya dia yang disalibkan/disalahkan/dicaci/dihina/diserang. Dia rela diserang walaupun dia tidak bersalah daripada membuka aib orang lain,” sambungnya.

Jubir TKN Prabowo-Gibran itu menuturkan bahwa Prabowo Subainto lebih memilih untuk merangkul tantangan dan bekerja dalam kerahasiaan demi keamanan negara, meskipun itu berarti mengorbankan citra dirinya sendiri.

Rahayu menggambarkan Prabowo sebagai sosok yang tidak ingin membuka rahasia negara, bahkan demi kepentingan politiknya sendiri, menunjukkan integritas dan komitmen yang tinggi terhadap keamanan nasional. “Dalam Pertahanan pun ada rahasia-rahasia negara yang tidak mungkin diungkapkan di ruang publik. Kecuali memang kita mau teroris dan negara lain tahu ya,” katanya.

Sementara itu, Boedi Prijo Soeprajitno, Ketua TKD Jatim Prabowo-Gibran, memuji penampilan Prabowo Subianto dalam debat ketiga Pilpres 2024.

Menurut dia, Prabowo memperlihatkan sosok pemimpin tegas dan lugas, khususnya dalam berbicara tentang pertahanan.

Menurut Boedi, Prabowo menyampaikan data dan fakta yang valid, menunjukkan pengalamannya sebagai Menteri Pertahanan. Boedi menekankan bahwa pendekatan Prabowo terhadap isu pertahanan adalah pragmatis dan mudah dipahami. “Prabowo tegas, lugas. Bicara Prabowo ada data, ada fakta, apalagi beliau saat ini Menteri Pertahanan,” katanya.

Restu Prayogi, Bendahara TKD Jatim, menyoroti konsistensi Prabowo Subianto yang tetap jujur dan rendah hati meskipun mendapat serangan dari capres lain.  Restu menggambarkan Prabowo sebagai sosok yang berintegritas, serta jujur dalam menyampaikan fakta.

Menurutnya, Prabowo tidak pernah menyerang balik lawan debatnya, mencerminkan karakteristik yang diinginkan dari seorang pemimpin negara. “Beliau rendah hati, orangnya jujur ngomong data apa adanya dan sangat tegas kepada lawannya. Bahkan konsistennya tidak menyerang lawan debatnya. Inilah karakteristik yang dibutuhkan pemimpin negara untuk merangkul semua kalangan,” kata Restu.

Berkaca dari hal itu, sikap Prabowo Subianto yang jujur dan rendah hati serta berintegritas dalam debat capres menunjukkan komitmennya yang kuat terhadap nilai-nilai kenegarawanan dan keinginannya untuk memprioritaskan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi atau politik. viv

Related posts

Maspion Grup Sumbang 10 Ton Beras dan 25.000 Masker untuk Warga Terdampak di Sidoarjo

redaksiWD

Resmi Ditahan, Peneliti BRIN yang Ancam Warga Muhammadiyah Dijerat Pasal Berlapis

redaksiWD

Gugatan Partai Berkarya, Tommy Soeharto Menang Lagi di Pengadilan

redaksiWD