wartadigital.id
Ekbis

AP II Prediksi 1 Juta Orang Gunakan  Penerbangan pada Libur Panjang

Istimewa
Para penumpang di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang.

 

JAKARTA  (wartadigital.id)  – PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi jumlah penumpang di 20 bandara yang dikelola tembus 1 juta orang pada periode libur panjang akhir pekan 9-12 Mei 2024. “Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada long weekend 9-12 Mei diperkirakan mencapai 1 juta orang, di mana jumlah penumpang ini naik 15 persen dibandingkan dengan hari normal. Sementara, untuk jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan,” kata Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Ia mengatakan seluruh bandara AP II memastikan ketersediaan slot time atau ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara guna mengakomodir permintaan penerbangan. “AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya, khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Apabila dinilai perlu, kata Cin, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai. “AP II bersama maskapai berupaya untuk memastikan kapasitas penerbangan dapat memenuhi permintaan yang meningkat pada long weekend ini,” ujarnya.

Khusus Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan. Cin menuturkan pada periode sibuk tersebut, seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah titik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan. “Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara,” kata Cin.

Bandara-bandara yang dikelola AP II juga telah melakukan sejumlah penataan interior terminal penumpang pesawat guna meningkatkan pelayanan, seperti misalnya di Bandara Soetta. Terminal 3 Bandara Soetta kini dilengkapi dengan hutan mini dan area hijau di sejumlah titik sehingga menghadirkan nuansa yang lebih hijau dan lebih baik. Akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta kini juga diperkuat dengan adanya east flyover yang ada di area depan kawasan bandara guna semakin memudahkan kendaraan bermotor menjangkau segala arah.

AP II saat ini mengelola 20 bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung). Selanjutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga). bis

Related posts

Sejumlah Bank dan Twitter Indonesia Kolaborasi Kampanyekan Edukasi Keamanan Data Nasabah

redaksiWD

Kinerja 2022 Positif, Bank Jatim Bagikan Dividen Rp 797,172 Miliar

redaksiWD

Vaksinasi Masyarakat Maritim di Lingkungan Pelindo III Capai 20 Ribu Orang

redaksiWD