JAKARTA (wartadigital.id) – Shopee Indonesia merayakan Hari Jadi yang ketiga untuk kanal Kreasi Nusantara ‘Dari Lokal untuk Global’ dengan terus menggencarkan dan mengembangkan berbagai program inovatif guna membantu lebih dari 180.000 pelaku ekspor yang sudah terdaftar di Malaysia, Singapura, dan Filipina.
Guna merealisasikan komitmen, Shopee bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk terus mendorong, mendukung dan memberikan akses untuk melakukan ekspor untuk UMKM di Indonesia ke luar negeri.
Menteri Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar menyampaikan UMKM menjadi salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi dan ekspor di Indonesia. “Kami turut senang dan sangat mengapresiasi dukungan penuh terhadap UMKM dari Shopee Indonesia untuk penyaluran program inovatif dan terutama program ekspor yang diberikan selama ini. Kami berharap, semakin efektifnya perkembangan program yang dijalankan, guna merealisasikan komitmen agar UMKM dapat berkualitas global di tengah literasi penerapan digital saat ini,” katanya dalam siaran resminya, Kamis (25/2/2021).
Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityp Triatmojo mengatakan tidak terasa sudah tiga tahun pihaknya fokus untuk merealisasikan komitmen dalam mendorong dan mendukung UMKM di Indonesia. “Kami berterima kasih atas kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan, khususnya Kemendes PDTT dan Kemenkop UKM, atas akses dan peluang positif untuk UMKM Indonesia yang didukung melalui program Shopee. Ke depannya, sinergi dengan pemerintah akan terus ditingkatkan guna senantiasa mendukung keberlangsungan UMKM dengan peluang ekspor yang akan menjadi fokus kami di tahun ini, melihat produk pedagang UMKM terus masih mendominasi penjualan di Shopee. Shopee juga akan turut berpartisipasi dalam program kolaborasi “500.000 Eksportir Baru” yang menargetkan terwujudnya 500K pelaku eksportir di tahun 2030,” katanya.
Di Hari Jadi yang ketiga tahun dari Kreasi Nusantara ini, Shopee terus mengembangkan program inovatif yang telah diberikan kepada para UMKM binaan, juga dengan pengembangan program ekspor sebagai peluang positif untuk keberlangsungan bisnis UMKM tersebut. Shopee berfokus untuk menjangkau UMKM di daerah-daerah tertinggal Indonesia untuk memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan atas penerapan literasi digital, terutama peluang ekspor yang signifikan untuk para UMKM binaan. Hal ini juga diinisiasi sebagai upaya dalam melanjutkan keberhasilan dari pencapaian program Ekspor atas peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat dalam kurun waktu setengah tahun (Juni 2020 – Januari 2021).
“Kami berharap ke depannya, kanal Kreasi Nusantara yang telah berusia tiga tahun ini dapat semakin berkembang untuk para UMKM binaan Shopee dan berbagai kementerian terkait, khususnya yang berada di daerah-daerah tertinggal untuk dapat segera mumpuni dalam melakukan program ekspor ‘Dari Lokal untuk Global’ ke luar Indonesia di negara-negara tempat Shopee beroperasi,” tutup Radityo. ren