wartadigital.id
Headline Manca

Iran Siap Serang Israel, Mulai Bersihkan Jalur Udara dari Penerbangan Komersial

AP
Iran bersiap serang Israel, di mana salah satunya dengan bersihkan jalur udara dari penerbangan komersial.

 

TEHERAN (wartadigital.id)  – Pasca penyerangan Israel yang menewaskan 7 penasihat militer Iran tewas termasuk penasihat militer dan komandan senior Iran, membuat pimpinan tertinggi Iran memutuskan untuk menyerang Israel. Dikabarkan bahwa Iran bersiap serang Israel, di mana salah satunya dengan bersihkan jalur udara dari penerbangan komersial.

Ali Hosseini Khamenei selaku pimpinan tertinggi Iran memerintahkan balas serangan Israel yang menewaskan penasihat militernya di Damaskus Suriah Senin 1 April 2023 lalu. Khamenei menegaskan bahwa rezim zionis akan dihukum dan pihaknya akan membuat Israel menyesali kejahatan ini dan kejahatan lainnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ibrahim Raisi selaku Presiden Iran yang mengancam bahwa serangan itu akan mendapat jawaban dari pemerintah Iran. Sedangkan pihak Israel sendiri masih belum mengungkapkan pertanggung jawaban atas serangan pada Senin malam tersebut.

Yoav Gallant selaku Menteri Pertahanan Israel mengatakan bahwa pihaknya tengah berperang di berbagai bidang baik secara ofensif maupun defensive. “Kami beroperasi di mana saja, setiap hari, untuk mencegah musuh-musuh kami memperoleh kekuatan dan untuk memperjelas kepada siapa pun yang akan melawan kami di seluruh Timur Tengah. Bagi siapa saja yang akan merasakan akibat yang sangat mahal dari tindakan melawan Israel,” tambahnya dikutip, Kamis (4/4/2024).

Atas pernyataan dari pimpinan Iran tersebut, pihak Israel sendiri juga telah mengeluarkan peringatan pada warganya khusus di Tel Aviv untuk bersiap-siap menghadapi serangan dari Iran. Selain itu juga tersebar di berbagai platform media sosial yang menyebutkan jika warga Israel mulai meninggalkan negara tersebut untuk menyelamatkan diri.

Sekitar pukul 3 subuh waktu setempat, terlihat jalanan Haifa menuju luar kota mengalami macet akibat warga yang mengungsi. Tidak hanya itu, meskipun pihak Israel mengatakan bahwa mereka tidak takut atas ancaman Iran, namun diketahui bahwa pemerintah anak buah Benjamin Natanyahu tersebut telah melakukan beberapa kamuflase terhadap GPS untuk mengelabui pengukuran ketinggian.

Sedangkan Faisal Mekdad yang merupakan Menteri Luar Negeri Suriah mengutuk keras serangan teroris keji yang menargetkan gedung konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan sejumlah orang tak berdosa.

Serangan tersebut dilancarkan oleh Isarel dengan menggunakan pesawat tempurnya dan berhasil menghancurkan sebagian gedung utama kedutaan Iran. Pihak Duta Besar Iran untuk Suriah mengatakan serangan itu menghantam gedung konsulat di kompleks kedutaan dan kediamannya berada di dua lantai teratas.

Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mengatakan bahwa tujuh penasihat militer Iran tewas dalam serangan itu termasuk Mohammad Reza Zahedi. Mohammad Reza Zahedi merupakan seorang komandan senior Pasukan Quds, yang merupakan pasukan elit spionase dan paramiliter asing.

Israel telah lama menargetkan instalasi militer Iran di Suriah dan proksinya, namun serangan hari Senin ini adalah pertama kalinya Israel menyerang kompleks kedutaan besar Iran secara langsung. dis

Related posts

Tangkal Varian Omicron, Praja IPDN Sosialisasikan Prokes Ketat di Tunjungan Romansa

redaksiWD

Surya Paloh Yakin AMIN Bisa Lolos ke Putaran Kedua Bersama Ganjar

redaksiWD

Dugaan Pelanggaran Prokes Pesta Ultah Khofifah Dilaporkan Polda, Polisi Janji Tindak Lanjuti

redaksiWD