wartadigital.id
Headline Teknologi

Jepang Resmi Negara Kelima yang Bisa Mendaratkan Misi ke Bulan

Pesawat ruang angkasa Jepang yang dilengkapi dengan penjelajah mini Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) berhasil mencapai Bulan, Sabtu (20/1/2024).

 

OSAKA (wartadigital.id) –  Jepang resmi menjadi negara kelima setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, Tiongkok dan India, yang berhasil mendaratkan misi ke Bulan.

Pesawat ruang angkasa Jepang yang dilengkapi dengan penjelajah mini Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) berhasil mencapai Bulan, Sabtu (20/1/2024) pukul 00.20 waktu setempat.

Menurut laporan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), meski SLIM berhasil mendarat, namun pesawat itu dikhawatirkan akan dalam masalah setelah gagal menyalakan panel surya sebagai sumber tenaga.

“Namun, panel surya tidak menghasilkan listrik dan pengiriman data dari permukaan bulan menjadi prioritas,” ungkap pejabat JAXA Hitoshi Kuninaka, seperti dimuat AFP.

Dikatakan Kuninaka, JAXA akan berusaha memindahkan data yang disimpan pesawat saat mendarat di Bulan. “Kami saat ini berupaya memaksimalkan hasil ilmiah dengan terlebih dahulu mengirimkan data ini kembali ke Bumi,” ujarnya.

SLIM merupakan misi pendaratan kedua yang diluncurkan JAXA. Tahun 2022, JAXA pernah meluncurkan misi OMOTENASHI, namun mengalami kegagalan dan kehilangan kontak.

Oleh sebab itu, SLIM dirancang untuk mendarat dalam jarak 100 meter dari targetnya, dibandingkan dengan akurasi konvensional yang hanya beberapa kilometer untuk mendarat di bulan.

Teknologi pendaratan yang presisi ini akan menjadi alat yang ampuh dalam eksplorasi kutub selatan Bulan yang diprediksi memiliki sumber oksigen, bahan bakar, dan air yang potensial.

Jika berhasil, misi ini akan meningkatkan peluang kelangsungan hidup mendarat di Bulan dengan membantunya memilih lokasi terbaik untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Demikian Jepang resmi menjadi negara kelima setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, China dan India yang berhasilkan mendaratkan misi mereka di Bulan. ins

 

Related posts

Tambahan Kasus Kematian Covid-19 RI Hari Ini Tertinggi di Dunia

redaksiWD

Sekda Kota Ikhsan Resmi Jadi Ketua PMI Surabaya

redaksiWD

Debat Capres Ketiga: Anies Raih Sentimen Positif Tertinggi, Prabowo Sentimen Negatif Tertinggi

redaksiWD