wartadigital.id
Ekbis

Seni Tradisi Lumajang Berpadu Elegan dalam Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2024

Pameran seni dan kerajinan Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2024, di Exhibition Hall Grand City Surabaya

SURABAYA (wartadigital.id) –
Pameran seni dan kerajinan Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2024, yang berlangsung di Exhibition Hall Grand City Surabaya mulai 8 hingga 12 Mei 2024, menjadi ajang gemerlap bagi pengrajin batik maupun pelaku UMKM dari Kabupaten Lumajang.

Dengan menampilkan ragam batik eksklusif dan aksesoris khas daerah, Lumajang berhasil mencuri perhatian pengunjung dari berbagai penjuru.

Tidak hanya batik, namun juga kerajinan perhiasan perak dan bambu, serta beragam produk unggulan UMKM, turut meramaikan pameran yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur itu.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatan Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2024, Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono menjelaskan, kekuatan pemasaran bagi UMKM adalah melalui partisipasi dalam berbagai acara pameran serupa.

“Dengan mengikuti berbagai pameran, kita dapat mempromosikan produk UMKM secara lebih luas dan meningkatkan pangsa pasar,” ungkap Rahayu, Kamis (9/5/2024).

Menyajikan keindahan dan keunikan batik Lumajang, pengunjung diperkenalkan dengan ragam motif dan teknik bordir yang khas dari daerah tersebut. Mulai dari motif tradisional hingga kreasi modern, setiap karya batik memancarkan keindahan dan kekayaan budaya Lumajang.

Tidak ketinggalan, aksesoris-aksesoris yang juga menjadi daya tarik utama. Mulai dari perhiasan perak dengan sentuhan seni etnik hingga kerajinan bambu yang memikat, memperkaya pengalaman berbelanja pengunjung di pameran tersebut.

“Saya sangat terkesan dengan keindahan batik dan aksesoris khas Lumajang yang dipamerkan di sini. Mereka benar-benar menghadirkan nuansa tradisional yang memesona,” ungkap Dina, salah seorang pengunjung yang datang dari Surabaya.

Acara itu juga memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jaringan dan meningkatkan penjualan. Kolaborasi antara Dekranasda dan pengrajin diharapkan dapat membawa semangat baru dalam industri kreatif daerah, serta memperkuat posisi Lumajang sebagai pusat batik dan kerajinan yang berkualitas.

Dengan pesona yang mengagumkan, Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2024 menjadi bukti nyata bahwa kekayaan budaya daerah dapat menjadi magnet bagi wisatawan dan penggemar seni kerajinan dari berbagai kalangan. uja, kim

Related posts

PLN Perpanjang Salurkan Stimulus Listrik Pemerintah hingga Desember 2021

redaksiWD

Bertemu Country Director ADB, Emil Dardak Bahas Sinergi dalam Berbagai Sektor untuk Pertumbuhan Jatim

redaksiWD

Pasca Terbakarnya Kapal MT Kristin, Pertamina Jamin Pasokan BBM Lombok Tak Terganggu

redaksiWD