wartadigital.id
Headline Nasional

Survei Terbaru Sebulan Jelang Pilpres: Amin Dekati Prabowo-Gibran, Hanya Terpaut 2,3 Persen

StarPoll merilis hasil survei elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) capres dan cawapres sebulan jelang Pilpres 2024.

 

JAKARTA (wartadigital.id)  –  Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) StarPoll merilis hasil survei elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) capres dan cawapres. Dimana Anies – Muhaimin (Amin) menempel ketat Prabowo – Gibran.

Survei tersebut dilaksanakan pada 20 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 dengan mewawancarai 2.500 orang yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Adapun wawancara dilaksanakan secara tatap muka di 38 provinsi di Indonesia, dan pada metode survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pada hasil survei tersebut, Paslon nomor urut 2 Prabowo – Gibran memiliki perolehan 35,5 persen, untuk paslon 1 Anies – Muhaimin memiliki suara sebanyak 33,2 persen, sementara nomor urut 3 memperoleh 16,8 persen.

Berdasarkan data tersebut, peneliti StarPoll, Kurniawan Zein mengaku bahwa pemilihan presiden akan berlangsung 2 putaran. Pasalnya, ketiga pasangan calon tersebut masih berada di bawah angka 40 persen. “Saya pesimistis pemilu dapat dimenangkan satu putaran oleh ketiga paslon, apabila memperhatikan peta elektabilitas mutakhir,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Kurniawan juga mengungkapkan, bahwa dari hasil survei tersebut, pasangan Anies – Muhaimin mampu menggerus suara dari Prabowo yang notabenenya telah mencalonkan diri sebagai capres sejak 10 tahun terakhir.

“Tapi yang jelas pasangan calon Amin, mampu menggerus basis suara tradisional Prabowo yang telah mengikuti pilpres setidaknya dalam 1 dekade terakhir, pemilu 2014 dan 2019 yang lalu,” tutupnya. one

Related posts

BMKG Ingatkan Potensi Tsunami hingga 29 Meter, Warga Jatim Harus Waspada

redaksiWD

Disaksikan Presiden Jokowi, PLN Teken Kerjasama dengan TANESCO, Kembangkan Ekosistem Ketenagalistrikan di Tanzania

redaksiWD

Beredar Foto 9 Orang Anggota Geng Rafael Alun Carter Pesawat, Eks Anggota KPK Disebut Terlibat

redaksiWD