wartadigital.id
Headline Surabaya

Tidak Cuma Jalur Reguler, Siswa Jatim Jalur KIP Kuliah pun Jadi yang Terbanyak

 

10 provinsi dengan peserta terbanyak diterima PTN jalur SNMPTN dan KIP Kuliah 2021.

   SURABAYA (wartadigital.id) – Capaian prestasi siswa asal Jawa Timur dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tidak hanya yang lewat jalur reguler. Di jalur program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, siswa asal Jawa Timur juga menjadi yang terbanyak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah peserta KIP Kuliah SNMPTN 2021 ada sebanyak 134.134. Sedangkan jumlah peserta KIP Kuliah SNMPTN 2021 yang dinyatakan lolos sebanyak 29.904 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.394 orang merupakan siswa asal Jawa Timur dari total pendaftar sebanyak   orang.

Untuk diketahui, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Adapun KIP Kuliah dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, kabar ini tentu saja sangat menggembirakan sekaligus membanggakan karena Jawa Timur mampu menempati peringkat pertama di semua jalur SNMPTN, baik reguler maupun KIP Kuliah,” ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (24/3/2021).

Khofifah mengatakan, KIP Kuliah menjadi semacam oase bagi siswa kurang mampu tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan program tersebut, calon mahasiswa dapat kuliah di PTN Favorit manapun yang dikehendaki dengan biaya pemerintah.

Khofifah berharap, siswa yang diterima melalui jalur KIP dapat terus berprestasi sehingga mampu membanggakan keluarga sekaligus mengangkat derajat keluarga. Dengan begitu, setelah lulus nanti dan bekerja, mereka bisa keluar dari status “keluarga kurang mampu” menjadi sejahtera.

“Saya ucapkan selamat kepada semua calon mahasiswa baru asal Jatim yang diterima. Yang belum lulus, masih ada kesempatan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, UTBK SBMPTN. Jangan putus asa,” imbuhnya.

Untuk diketahui pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021) dilaksanakan, Senin (22/3/2021) pukul 15.00. Hasilnya, 110.459 orang dinyatakan lulus SNMPTN dan Provinsi Jawa Timur menempati peringkat pertama pendaftar yang diterima atau lolos SNMPTN 2021.

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah pendaftar dari Jawa Timur sebanyak 85.146 dan jumlah diterima sebanyak 16.998, dengan rasio peserta diterima terhadap pendaftar sebesar 19,96 persen.

Adapun peringkat kedua diduduki Provinsi Jawa Barat dengan jumlah pendaftar sebanyak 93.612 dan jumlah diterima sebanyak 10.715, dengan rasio peserta diterima terhadap pendaftar sebesar 11,45 persen. Sementara peringkat ketiga ditempati, Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah pendaftar sebanyak 70.910 dan jumlah diterima sebanyak 8.100, dengan rasio peserta diterima terhadap pendaftar sebesar 11,42 persen. ttw

Related posts

Pemkab Sidoarjo Percepat Peluncuran Layanan Call Center 112

redaksiWD

Hari Kelautan Nasional, Khofifah Ajak Masyarakat Lestarikan Laut sebagai SDA Kekuatan Jatim

redaksiWD

Hizbullah Bombardir Israel Pakai Puluhan Drone, Ratusan Ribu Warga Mengungsi

redaksiWD