wartadigital.id
Ekbis Headline

Antisipasi Iklim El Nino, Kementerian BUMN Gelar Pasar Murah Surabaya

Suasana Pasar Murah Surabaya yang digelar Kementerian BUMN di Lapangan Tugu Pahlawan, Minggu (13/8/2023).

 

SURABAYA (wartadigital.id) – Kementerian BUMN menggelar Pasar Murah Surabaya di Lapangan Tugu Pahlawan, Minggu (13/8/2023).  Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi fenomena iklim El Nino yang menyebabkan musim kering semakin panjang dan berdampak pada mahalnya harga pangan, salah satunya beras.  Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi kegiatan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Eri hadir mendampingi Menteri BUMN RI Erick Thohir saat meninjau pelaksanaan Pasar Murah Surabaya. Di sana, masyarakat dapat membeli satu paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 1kg gula, dan 1 liter minyak goreng. Harga yang dibanderol juga sangat murah, yakni hanya Rp 40.000.

“Bapak Menteri Erick Thohir kesini menjalankan perintah Pak Jokowi (Joko Widodo) untuk memberikan pasar murah. Matur nuwun sanget (terima kasih banyak) Pak Menteri karena rakyat Surabaya senang,” kata Walikota Eri saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara itu, sesusai meninjau pelaksanaan Pasar Murah Surabaya, Menteri BUMN RI Erick Thohir menyampaikan bahwa gelaran Pasar Murah Surabaya ini diselenggarakan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi dalam upaya antisipasi menghadapi fenomena iklim El Nino.

“Instruksi dari Bapak Presiden (Joko Widodo) agar semua kementerian dan pemkab/pemkot mengantisipasi El Nino yang mungkin musim keringnya panjang. Karena itu kita harus waspada terhadap sentra-sentra produksi pangan yang bisa saja berkurang. Maka Presiden melakukan berbagai hal, salah satunya memastikan stok beras cukup,” kata Menteri RI Erick Thohir.

Erick Thohir menjelaskan bahwa pihaknya menjaga kepastian ketersediaan stok dan harga pangan. Seperti berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menggelar Pasar Murah di setiap daerah dengan menyalurkan 3.000 sampai 5.000 paket sembako.

“Kita lakukan upaya bagaimana memastikan pangan tersedia. Ini yang mendorong Pak Presiden agar beras terus disalurkan supaya harga beras bisa stabil. Alhamdulilah melalui Bulog sudah membagikan beras bagi warga yang kurang mampu sebanyak 10 kg per orang selama 3 bulan,” pungkasnya. omo, ike

Related posts

Hadiri Wisuda Universitas Terbuka Surabaya, Khofifah Harap Wisudawan Mampu Jadi Enabler Leader

redaksiWD

Ultah ke-5, Lemonilo Berbagi 55.555 Bungkus Mi Instan Bersama Raffi Ahmad dan Komunitas Ibu-ibu

redaksiWD

Dipimpin Eks Komisioner KPK, Demokrat Resmi Gugat 10 Penggagas KLB

redaksiWD