wartadigital.id
Ekbis Headline

Beberapa Komoditas Alami Kenaikan Harga, Inflasi Agustus 2021 Capai 0,03%

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto

JAKARTA (wartadigital.id) – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2021 terjadi inflasi 0,03%. Sementara tingkat inflasi secara tahun kalender (month of month/mom) sebesar 0,84% dan tahunan (year on year/yoy) mencapai 1,59%.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa  Setianto mengatakan, inflasi 0,03% di Agustus 2021 dikarenakan beberapa komoditas mengalami kenaikan harga. “Harga beberapa komoditas mengalami peningkatan dan inflasi 0,03% ini terjadi peningkatan Indeks Angka Konsumen (IHK),” kata Setianto dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Dari 90 kota yang terdata IHK (Indeks Harga Konsumen), 34 kota mengalami inflasi dan 56 kota mengalami deflasi. Rinciannya, inflasi tertinggi terjadi pada daerah Kendari sebesar 0,62% dan terendah di daerah Tanjung dengan nilai 0,01% “Inflasi tertinggi terjadi di Kendari 0,62%. Penyumbang komoditas adalah kenaikan harga ikan kembung serta ikan selar dan ikan teri,” katanya.

Sedangkan, deflasi tertinggi pada Sorong sebesar minus 1,04% dan terendah Meulaboh, Sukabumi dan Timika yang nilainya minus 0,03%. “Deflasi ini karena terjadi penurunan harga pada ikan kembung angkutan udara, kangkung dan sawi hijau,” tandasnya. set

Related posts

KAI Akui Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung Banyak Masalah, Perlu Audit Investigatif

redaksiWD

Kepala OPD Surabaya Marketing Produk UMKM

redaksiWD

2021, Disbudpar Jatim Targetkan Kunjungan Wisnus 25 Juta

redaksiWD