wartadigital.id
Ekbis Headline

Beri Panggung UMKM, Wagub Emil Berharap Pengusaha Jatim Semakin Mendunia

Wagub Emil Dardak di acara Showcase Produk UMKM KKI Seri-1 serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Berwisata di Indonesia di Gedung Museum De Javasche Bank, Rabu (3/3/2021).

SURABAYA (wartadigital.id) Pemprov Jatim terus berkomitmen mendukung gerakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya. Salah satu yang tengah dilakukan saat ini yakni dengan memberikan panggung bagi pemilik UMKM di Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri-1 yang diinisiasi Bank Indonesia.

Melihat gerakan tersebut, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang hadir di acara tersebut menyampaikan bahwa gelaran tersebut bisa menjadi pemicu gerakan UMKM Jatim ke tingkat dunia.

“Dengan adanya acara ini, UMKM pilihan yang sudah mendunia terlihat. Ini juga menunjukkan bahwa UMKM sudah di level terbaik. Acara ini tentunya juga bisa menjadi teladan bagi yang lainnya untuk terus berkembang,” kata Wagub Emil Dardak di acara Showcase Produk UMKM KKI Seri-1 serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Berwisata di Indonesia di Gedung Museum De Javasche Bank, Rabu (3/3/2021).

Wagub Jatim yang akrab disapa Emil Dardak ini pun mengapresiasi langkah Bank Indonesia yang ikut mendukung penuh geliat pengembangan UMKM di Jatim. Harapannya, dengan gerakan tersebut, UMKM Jatim semakin mengembangkan pasar mereka di ranah internasional.

“UMKM di Jatim ini sangat kaya. Kaya secara kreativitasnya, kualitasnya, prestasinya. Menurut kami, semuanya akan punya potensi untuk mengembangkan pasar di sana. Apapun UMKM nya, pemprov akan memberikan dukungan penuh dengan bimbingan Dekranasda Jatim,” katanya.

Masih menurut Emil, prestasi serta kualitas UMKM yang ada di Jatim merupakan hasil kolaborasi semua pihak. Pemprov menyadari, Jatim tidak akan mendapatkan prestasi di bidang UMKM jika hanya berjalan sendiri.

“Ini yang menjadi arahan Ibu Gubernur. Pemprov harus bermitra dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Bank Indonesia yang memiliki kepedulian luar biasa dan juga punya kualitas sangat tinggi tentang kurasi terhadap UMKM yang potensial,” tandasnya.

Wagub Emil yang hadir didampingi Ketua TP PKK Prov Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak itu juga mengapresiasi upaya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jatim, Difi Ahmad Johansyah yang mengemas acara tersebut secara klasik dan sangat atraktif. Bahkan, dirinya sangat merespon penuh jika Gelaran KKI yang rencananya akan digelar Agustus 2021 mendatang itu dapat dilaksanakan di Jatim sebagai tuan rumah.

“Kami sudah mengantisipasi bahwa pemerintah akan mereaktivasi kegiatan masyarakat. Kemarin dengan Menteri Parekraf yang difasilitasi oleh Unesa kami sepakat mendorong Wisata Lereng Bromo sebagai bentuk realisasi Perpres No 80 Tahun 2019. Perpres tersebut berkaitan dengan Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan, Kawasan Bromo – Tengger – Semeru, Serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.Jadi tentunya salah satu yang menjadi opsi adalah Kawasan Lereng Bromo. Namun, sekali lagi, tentunya akan saya bahas lebih lanjut dengan Ibu Gubernur dan dinas terkait,” jelasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV Jatim Difi Ahmad Johansyah mengatakan, masyarakat tidak perlu meragukan UMKM Indonesia, utamanya di Jatim. Menurut hasil kurasi BI Wilayah Jatim, dirinya pun menegaskan kembali pernyataan Wagub Emil Dardak bahwa seluruh UMKM berpotensi menapakkan kaki di kancah internasional dengan keunikan dan kreativitasnya.

“Kami hanya tinggal memfasilitasi untuk masuk ke pasar internasionalnya. Tentunya dengan bergandeng tangan dengan pemprov dan pihak terkait, kita bisa membawa UMKM di Jatim bersaing secara global dengan tidak meninggalkan kurasi agar sesuai dengan pasar yang ada di luar negeri,” katanya. ttw

Related posts

Kombes Pol Johnny Eddizon Isir Jadi Guru Tamu Istimewa Pelajar Surabaya

redaksiWD

KPK Pastikan Dalami Laporan Penyimpangan Penagihan Pajak Rp 1,7 Triliun

redaksiWD

Tracing Pasien Covid-19 di Surabaya Kini Libatkan Staf Seluruh Perangkat Daerah

redaksiWD