wartadigital.id
Ekbis Headline

BrandKlinik Gelar Bazar Daring Makanan & Minuman Pra Saji dan Mentoring untuk Majukan UMKM Indonesia

Wiwik Wae

 

JAKARTA (wartadigital.id) — BrandKlinik, komunitas swadaya wadah bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Indonesia untuk mencari pemecahan masalah seputar bisnis, branding, dan pemasaran, mengadakan bazar daring makanan & minuman pra saji Indonesia bertemakan “Ready to Heat” mulai besok, Sabtu ( 27/11/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi usaha UMKM lintas area, rasa dan upaya.

Terdapat 200 lebih jumlah produk UMKM yang terdaftar yang berasal dari seluruh Indonesia bergabung dalam bazar dan akan mempromosikan serta menjual produk makanan dan minuman siap sajinya. Selama tujuh hari bazar secara daring, BrandKlinik juga mengadakan kelas webinar yang menghadirkan stakeholders dalam industri pangan, yaitu ahli teknologi pangan, financial consultant, praktisi hukum dan legalitas usaha, praktisi branding & marketing, content creator. Kelas webinar diselenggarakan khusus bagi pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan bisnis agar mampu berdaya saing.

“Berbagai sektor usaha mengalami penurunan pendapatan karena terdampak pandemi COVID-19, tidak terkecuali sektor usaha makanan/minuman merupakan yang paling banyak mengalami penurunan. Pelaku usaha harus melakukan inovasi agar bisnis tetap relevan seiring dengan perubahan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat pasca pandemi. Tahun 2020 saya membuka One on One Coaching & Counselling bagi para pelaku usaha kecil yang terdampak. Dengan berkembangnya kebutuhan, tahun ini kegiatan tersebut bertumbuh menjadi Group Class Coaching, Counselling, sekaligus Mentoring,” kata Wiwik Wae, Pendiri BrandKlinik dalam keterangan resmi, Jumat (25/11/2021).

Wiwik Wae mengatakan bahwa UMKM memiliki kontribusi yang cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia. BrandKlinik berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha mengembangkan usahanya, terutama di tengah pandemi Covid-19, pelaku UMKM harus diberikan wadah dan pendampingan.

Ia juga optimis bahwa usaha sektor makanan dan minuman akan semakin tumbuh ke depannya. Hal ini tercermin dari tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat walau masih terdampak pandemi. Selain itu, merujuk pada data Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), pertumbuhan penanaman modal asing (PMA) sektor makanan dan minuman (mamin) pada awal tahun hingga September 2021 juga tumbuh ekspansif sebesar 75,93 persen dibandingkan periode yang sama 2020 senilai 1,14 miliar dolar AS.

Bazar Ready to Heat oleh BrandKlinik dibuka secara gratis dan tidak dipungut biaya kepada seluruh UMKM di Indonesia. Semua transaksi jual beli tidak melalui BrandKlinik, tetapi secara langsung antara penjual dan pembeli. nti

Related posts

Dukung Industri 4.0, Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G di Jakarta

redaksiWD

Pemkot Surabaya Fokus Terapkan Reformasi Birokrasi Berbasis Kontrak Kinerja

redaksiWD

Prof Yuwono Tegaskan Orang yang Punya Penyakit Jangan Divaksin

redaksiWD